Rangkaian Lampu Blitz

Rangkaian Lampu Blitz atau biasa disebut lampu kilat ini merupakan rangkaian yang digunakan untuk beberapa keperluan pekerjaan yang memang membutuhkan atau menggunakan pengaturan cahaya seperti ketika sedang memotret atau mengambil foto yang membutuhkan penerangan yang lebih. Apalagi jika anda sedang mengambiol foto dengan momen-momen yang sangat spesial atau juga momen yang penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga akan terlihat menarik ketika dicetak sebagai dokumentasi momen tersebut.

Dan guna menghasilkan foto yang bagus dan menarik, memang dibutuhkan alat atau rangkaian yang bisa membantu dan menunjang beberapa peralatan standar seperti kamera yang tentunya memiliki hasil yang berbeda-beda dan kadang masih kurang memuaskan. Memotret object tentu mebutuh tehnik khusus dan juga cara tersendiri. Apalahi jika obyek tersebut berada di dalam ruangan yang kurang mendapatkan pencahayaan yang cukup dan bisa membuat kesan yang kurang menarik.

Gambar Skema Rangkaian Lampu Blitz

Rangkaian Lampu Blitz

Dan jika menggunakan alat bantu seperti rangkaian lampu flasher atau rangkaian lampu blitz tersebut, bisa jadi akan bisa menyempurnakan hasil foto yang anda ambil. Apalagi jika ruangan tersebut memang memiliki pencahayaan yang kurang. Dan untuk membuat rangkaian lampu blitz tersebut, anda bisa menggunakan komponen sebagai berikut.

– R 1 : 100 K
– R 2 : 47 K
– R 3 : 10 K 5 W
– R 4 : 1 K
– R 5 : 10 OHM
– C 1 : 10 UF
– C 2 : 220 UF
– D 1 : BZ 148
– D 2 : 1N 4007
– IC1 : NE555
– Q 1 : BC 548
– T1 : BT136
– L1 : lampu 230 V ac
– F1 : fuse / sekering 1 A

Skema rangkaian lampu blitz menggunakan listirk jika ingin melakukan flash hingga 200 watt dimana besaran tersebut bisa diatur sesuai keinginan. Komponen IC NE555 berfungsi untuk multivibrator astabil yang menghasilkan pulsa untuk lampu. Frekuensi blitz diatur dengan nilai dari R2 dan R3. Sementara dioda D1 dan D2 menyediakan gelombang untuk IC. Sedangkan transistor T1 untuk menggerakkan komponen triac BT136 guna mengendalikan beban.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Lampu Blitz, semoga rangkaian di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, tentang Rangkaian Mesin Cuci, Rangkaian Kiprok Motor dan Rangkaian CDI Mobil.

Leave a Reply