Rangkaian Lampu Mobil

Rangkaian Lampu Mobil memang sangat penting dan merupakan keharusan yang harus terpasang pada mobil kita. Dan untuk kali ini kita akan membahas mengenai rangkaian lampu kilat yang sangat sederhana untuk mobil Anda. Dengan menggunakan rangkaian lampu kilat sederhana, mobil kita akan tampak lebih cantik, hal ini karena rangkaian yang dipasang memang terlihat sebagai asesoris. Selain itu, dengan menggunakan rangkaian ini akan menjadikan mobil Anda memiliki sistem penerangan yang lebih baik. Untuk rangkaian yang satu ini menunjukkan bagaimana menggabungkan atau mengkombinasikan LED biru dan juga LED putih yang dapat digunakan untuk memberikan imitasi realistis dari sebuah lampu kilat kamera.

Rangkaian Lampu Mobil

Gambar Skema Rangkaian Lampu Mobil

Selain itu pula, IC 555 ternyata dapat pula digunakan dalam banyak hal, dan mungkin saja Anda belum melihatnya, yaitu pergantian mono-stabil atau astabil dengan tanpa terlalu banyak proses pada bagian eksternal. Rangkaian lampu mobil dengan metode lampu kilat ini cocok bagi Anda yang senang memodifikasi kendaraan, dan khususnya mobil. Rangkaian lampu kilat ini juga dapat dijadikan sebagai ornamen atau juga dijadikan sebagai aksesoris. Untuk prinsip kerja pada rangkaian ini adalah, pada mulanya C3 akan kosong, menarik pin output 3-12 V lalu menyebabkan LED biru, D1 bersinar melalui R3. Kemudian C3 akan mengisi melalui R2, dan sementara itu c1 telah membangun muatan melalui R1 dan juga D3. Jika pada tegangan C3 mencapai sekitar 8 V (atau dua pertiga dari 12 V), maka pin 3 dari 555 akan menjadi turun rendah.

Begitu juga pin 7, meyebabkan LED putih bercahaya dan menarik energi dari C1. Energi tersebut turun dengan cepat dan menyebabkan D2 meredup kan cahaya pada mode eksponensial, sama seperti pada lampu kilat kamera. Karena terjadi penurunan dari output 555, maka tegangan pada C3 juga mengalami penurunan. Namun dapat segera bertambah setelah pada tingkat 4 V tercapai (sepertiga dari 12 V) siklus seperti di atas terulang. Resistor R4 membatasi arus melalui IC 555 pada tingkatan aman, dan sejumlah LED biru dapat dihubungkan secara seri.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian lampu mobil, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Konsep Rangkaian Listrik, Rangkaian Penguat Bass, Rangkaian Lampu Darurat dan Rangkaian Dioda Zener.

Leave a Reply