Rangkaian LDR Sederhana

Rangkaian LDR Sederhana merupakan salah satu rangkaian yang menggunakan komponen LDR yang menjadi salah satu komponen di bidang elektronika yang mempunyai hambatan yang bisa berubah sesuai dengan perubahan intensitas cahaya yang diterima oleh komponen LDR tersebut. LDR sendiri merupakan singkatan dari Light Dependent Resistor atau bisa juga disebut Resistor yang dipengaruhi oleh cahaya.

Hambatan dari LDR tersebut akan berkurang seiring dengan semakin besarnya intensitas cahaya yang mengenai komponen LDR tersebut. Untuk menentukan besaran dari hambatan LDR tersebut, memiliki cara yang berbeda-beda dan tergantung dengan ukuran dan juga bentuk dari komponen tersebut. Jika di dalam komponen, semakin rapat pola garis yang biasa terdapat di permukaan dari komponen tersebut, biasanya perubahan hambatan LDR akan besar dan lebih bersifat sensitif jika terkena cahaya.

Di dalam rangkaian sensor cahaya tersebut, komponen LDR ini akan dipasang seri dengan komponen Variable Resistor atau VR 20 K. VR ini memiliki fungsi untuk menyesuaikan sensitifitas di dalam rangkaian sensor tersebut. Selain itu juga berfungsi untuk penyeimbang dengan hambatan LDR yang digunakan di dalam rangkaian tersebut. Dan biasanya hampir semua jenis komponen rangkaian LDR sederhana sudah bisa dipastikan bisa digunakan di rangkaian tersebut.

Sementara prinsip kerja dari rangkaian sensor cahaya ini dengan cara memperkuat perubahan pada tegangan di dalam rangkaian seri LDR dengan menggunakan 2 buah transistor yang akan dirangkai dengan menggunakan pola Darlington. Hasil dari proses perkuatan transistor tersebut akan langsung dikirimkan ke komponen Coil Relay. Relay ini yang bisa berfungsi sebagai saklar untuk dialirkan ke beban.

Rangkaian LDR Sederhana

Gambar Skema Rangkaian LDR Sederhana

Jika anda ingin memakai beban yang memiliki tegangan tinggi atau lebih tinggi di dalam rangkaian LDR sederhana ini, maka disarankan anda harus memutus total pada bagian pin atau kaki di komponen saklar relay secara keseluruhan. Dan jangan ada 1 kaki atau pin yang terhubung ke dalam rangkaian tersebut. Komponen saklar relay tentu saja harus bisa digunakan sebagai saklar di dalam jenis rangkaian atau perangkat apapun.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Sensor LDR | Rangkaian Elektronika December 18, 2013

Leave a Reply