Rangkaian LED Display

Rangkaian LED Display merupakan rangkaian lampu yang sering kita jumpai, baik lampu hias maupun lampu indikator. Rangkaian seperti ini biasa disebut juga dengan rangkaian LED running. Rangkaian ini biasanya dipasang pada setiap rangkaian, sehingga nantinya rangkaian tersebut dapat menyala secara bergantian dari LED yang satu ke LED yang lain. Jika ingin membuat rangkaian tersebut, dibutuhkan beberapa komponen elektronika sederhana, seperti rangkaian multivibroter stabil, rangkaian dikoder 4 ke 16 serta rangkaian pencacah 4 bit.

Untuk rangkaian ini dibuat dengan menggunakan IC LB1409, dimana IC tersebut merupakan chip IC yang didesain khusus sebagai driver LED 9 baris. Rangkaian tersebut berfungsi untuk memberikan indikator kuat sinyal pada audio, selian itu rangkaian LED display atau VU display LED IB1409 ini juga dapat dipasang pada output tiap pengatur nada atau sinyal radio, sehingga setiap tahapan dalam pengaturan nada dapat diketahui tngkat penguatan tegangan sinyal. Untuk merakit rangkaian ini, dapat dirakit dengan menggunakan PCB dengan tata letak komponen rangkaian VU yang telah di desain.

Gambar Skema Rangkaian LED Display

Rangkaian LED Display

Untuk rangkaian VU display 9 LED dapat di operasikan dengan sumber tegangan DC +12 volt dan juga dapat diberikan sinyal input dan output pengatur nada. Kuat lemahnya sinyal diberikan ke rangkaian VU display 9 LED IC IB1409 dapat di atur dengan menggunakan potensiometer PR2, lalu tegangan referensi display sinyal audio dapat ditentukan dengan menggunakan potensiometer PR1. Kedua potensiometer diperlukan agar dapat menyalakan LED yang sesuai dengan tingkat sinyal audio yang diberikan oleh rangkaian LED display atau VU display IB1409 tersebut.

Rangkaian LED display ini merupakan rangkaian satu channel, sehingga untuk menampilkan kuatnya sinyal audio stereo perlu dibuat dua unit rangkaian LED display ini. Dengan sedikit modifikasi, Anda juga dapat merakit rangkaian tersebut dengan berbagai modifikasi sesuai selera Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengimplimentasikan indikator level sinyal untuk penerimaan audio. Demikian sedikit info mengenai rangkaian LED display kali ini, semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Lampu Hias, Rangkaian Senter LED, Rangkain Penguat Daya dan Rangkaian Amperemeter.

No Responses

Leave a Reply