Rangkaian Line Follower

Rangkaian Line Follower adalah salah satu rangkaian robot yang memiliki prinsip kerja dan juga rangkaian yang sangat sederhana. Apalagi saat ini memang rangkaian robot memang menjadi salah satu bentuk rangkaian yang bisa membantu kinerja manusia dalam melakukan aktifitasnya. Tidak terkecuali dengan rangkaian robot sederhana tersebut. Dan rangkaian robot itu sendiri memang memiliki kinerja yang tentunya berbeda-beda. Dan Rangkaian line follower ini bisa menjadi langkah awal bagi anda untuk membuat rangkaian robot.

Prinsip kerja dari rangkaian line follower tersebut berupa robot analog yang akan diperintahkan guna mengikuti sebuah garis bantu dengan cara yang cukup sederhana. Dan anda sendiri bisa membuat rangkaian line follower ini dengan mudah. Ditambah lagi dengan banyaknya komponen yang bisa anda dibeli di beberapa toko elektronik. Berikut beberapa penjelasang mengenai komponen di dalam rangkaian line follower ini.

Komponen Sensor
Komponen ini memang memiliki fungsi untuk mengubah varian masukan atau input mulai dari suara hingga panas menjadi tegangan atau aliran arus. Dan di dalam rangkaian line follower ini, sensor akan berfungsi sebagai indera pada manusia. Sensor akan memerintahkan robot untuk mengikuti garis yang terdeteksi. Lampu LED di dalam rangkaian ini akan berfungsi sebagai transmitter atau Photodiode yang berguna menerima pesan.

Komponen Prosesor
Di dalam rangkaian ini terdapat IC LM 339 yang akan bertugas sebagai komparator. IC LM 339 ini bertugas mengubah sinyal yang akan didapatkan dari sensor yang diubah menjadi sinyal digital.

Transistor
Sedangkan transistor akan ditugaskan untuk saklar on/off di dalam rangkaian line follower ini.

Dinamo
Tentu saja tugas dinamo untuk menggerakkan rangkaian line follower tersebut. Ada berbagai macam dinamo yang bisaanda gunakan di rangkaian line follower tersebut. Apalag dinamo Tamiya sendiri juga sudah banyak ditemukan dengan mudah.

Semua komponen sudah siap dan anda sudah mendapatkan semua yang dibutuhkan, segera rakit dan juga pasang komponen sesuai skema gambar di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Line Follower

Rangkaian Line Follower

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Anti Maling | Rangkaian Elektronika December 18, 2013

Leave a Reply