Rangkaian Listrik Seri

Rangkaian Listrik Seri adalah rangkaian listrik yang komponen di dalamnya akan disusun secara seri atau memiliki bentuk yang sejajar. Contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan rangkaian seri adalah lampu senter yang biasanya akan memiliki rangkaian seri di dalamnya. Biasanya pada bagian baterai dari lampu tersebut yang akan disusun secara seri.

Sementara pengertian lain dari rangkaian listri seri adalah input dari suatu komponen di dalam rangkaian tersebut akan berasal dari output komponen lainnya di dalam rangkaian tersebut. Oleh sebab itu rangkaian listrik yang dirangkai secara seri ini tentu bisa menghemat biaya dengan menggunakan sedikit kabel penghubung. Namun rangkaian listrik seri ini juga memiliki kelemahan selain kelebihan di penghematan biaya yang sudah disebutkan.

Rangkaian Listrik Seri

 

Kelemahannya adalah ketika salah satu komponen dari rangkaian tersebut dicabut atau mengalami kerusakan seperti habis atau mungkin tidak berfungsi, maka komponen lain yang terdapat di dalam rangkaian tersebut tidak akan berjalan dan juga berfungsi dengan baik bahkan dapat menyebabkan mati total. Seperti contoh pada tiga buah bola lampu yang dirangkai atau disusun secara seri. Maka input dari lampu tersebut akan dihasilkan dari output lampu yang lain yang terdapat di rangkaian tersebut. Dan seandainya salah satu lampu tersebut di cabut dan juga putus atau rusak, tentu lampu yang ada di rangkaian tersebut bisa ikut padam.

Komponen listrik di atas bisa disebut atau di rangkai secara seri tentunya memiliki karakteristik tersendiri yaitu :

  • Arus listrik di dalam rangkaian tersebut hanya memiliki satu jalur saja.
  • Hambatan total dari arus listrik pada rangkaian seri adalah jumlah total dari tiap hambatan di dalam rangkaian listrik tersebut.
  • Energi listrik akan disipasi pada tiap hambatan yang terdapat dalam rangkaian tersebut. tentu saja jumlah tegangan di setiap komponen listrik akan memiliki besaran yang sama dengan sumber tegangan.
  • Disebabkan hambatan total pada rangkaian listrik seri ini adalah jumlah dari hambatan pada rangkaian tersebut, maka rangkaian seri biasanya difungsikan untuk memperbesar hambatan.

No Responses

Leave a Reply