Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik adalah rangkaian elektronika yang tersusun dari beberapa komponen-komponen elektronika yang kemudian di rangkai dengan sumber tegangan sehingga menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian hanya dapat berfungsi apabila rangkaian tersebut berada dalam keadaan terbuka.

Rangkaian listrik nantinya akan menyediakan jalan bagi arus listrik agar dapat mengalir dan beroprasi dengan baik. Arus yang mengalir nantinya akan dikendalikan oleh tenaga, contohnya adalah baterai. Karena baterai dapat menghasilkan tekanan listrik atau tegangan yang mendorong elektron di sepanjang kabel.

Baterai yang sudah dialiri arus juga dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Setiap sel mengandung dua elektroda dan bahan kimia yang disebut larutan elektrolit. Larutan elektrolit berguna untuk memindahkan elektron. Kelebihan dari pemakaian elektron yaitu dapat mengalir ke rangkaian yang dihubungkan ke baterai sebagai arus listrik. Beberapa jenis baterai yang dapat diisi ulang dan di gunakan kembali adalah baterai Nikel Cadmium dan Aki Mobil.

Gambar Skema Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik

Menurut jenisnya rangkaian ini di bagi menjadi 3, yaitu Rangkaian Listrik Seri, Rangkaian Listrik Paralel dan Rangkaian Campuran.

Rangkaian Listrik Seri

Yang dimaksud rangkaian listrik seri adalah rangkaian yang terdiri dari dua buah atau lebih lampu yang disusun secara berderet. Demikian juga dengan sumber tegangan itu sendiri. Kelemahan dari rangkaian ini adalah apabila salah satu lampu mati (diputuskan) maka lampu yang lain juga akan ikut mati. Hal ini tentu merupakan kerugian jika kita menggunakan rangkaian seri ini.

Rangkaian Listrik Paralel

Rangkaian ini sendiri terbentuk dari dua atau lebih lampu yang nantinya disusun sejajar. Untuk menggunakan rangkaian ini, kutub lampu sejenis harus di hubungkan ke kutub baterai yang sama. Kelebihan dari pemakaian rangkaian jenis ini ialah apabila terdapat salah satu lampu yang mati, maka lampu yang lainnya akan tetap menyala. Hal ini terjadi karena lampu yang lain masih terhubung dengan sumber arus listrik.

Rangkaian Listrik Campuran

Rangkaian campuran merupakan gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Untuk membuat rangkaian ini umumnya sangat sulit, karena kita harus menggabungkan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Sedangkan menurut kompleksitas rangkaian, rangkaian ini dibedakan menjadi rangkaian sederhana dan rangkaian majemuk. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian listrik dan beberapa jenisnya. Semoga artikel rangkaian kali ini beguna bagi yang membaca. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Pemancar FM Stereo, Rangkaian Pendeteksi Ponsel dan Rangkaian Pencari Sinyal Audio.

Leave a Reply