Rangkaian LM35

Rangkaian LM35 biasanya digunakan untuk rangkaian sensor suhu yang bisa mengubah besaran panas menjadi tegangan listrik. Pembuatan rangkaian sensor suhu ini menggunakan beberapa metode. Salah satunya dengan mengalirkan listirk di beberapa material seperti material logam. Material logam sendiri panasnya akan meningkat dan bisa meningkat jika dialiri listrik. Logam memang memiliki muatan positif dimana elektronakan bergerak bebas. Jika suhu meningkat maka elektronnya akan bergetar.

Bahan semikonduktor sendiri mempunyai sifat yang berkebalikan dengan logam. Besaran hambatannya akan menurun bila mendapatkan suhu yang besar besar. Kondisi ini memang dikarenakan oleh keadaan yang suhunya lebih tinggi dan bisa menyebabkan elektron dari berpindah ketingkatan dari yang teratas serta membuatnya bebas bergerak.

Gambar Skema Rangkaian LM35

Rangkaian LM35

Rangkaian Sensor Suhu LM35
Terdapat 4 jenis sensor suhu yang biasanya bisa ditemukan di pasaran yaitu Thermokopel, Thermistor atau Thermal Sensitive Resistor atau biasa disebut Thermal Resistor dan Resistance Temperature Detectors atau RTD dan juga IC LM 35. Rangkaian Sensor suhu lm35 merupakan slah satu jenis yang cukup terkenal dan juga mudah untuk mengaplikasikannya ke dalam rangkaian tersebut. Sumber tegangan dalam rangkaian ini bisa tunggal atau dua. Dan beberapa karakteristik dari rangkaian sensor suhu lm35 adalah :

  • Berkalibrasi langsung pd suhu dengan °C
  • Skala linearnya ± 10 mV/°C
  • Range rangkaian ini berkisar diantara + 150 °C – ( -55°C )
  • Besaran arus kurang dr 2 µA
  • Pemanasan yg rendah di sekitar 0,08°C

Salah satu rangkaian sensor suhu lm35 biasanya digunakan untuk memonitor suhu rumah kaca dan juga untuk suhu ruang di laboratorium kimia. Komponen utama yang dipasang di rangkaian ini adalah LED, Resistor Trimport atau Variabel 10 K ohm, lalu IC LM393 dan juga Resistor 470 Ohm serta komponen IC LM35. Pada komponen IC LM35 akan bertugas untuk menerima input suhu yg dialirkan ke IC LM393 yang bertugas untuk komparator yg berfungsi membagi tegangan. Output dari LM35 akan masuk ke inverting. Output yg di keluarkan oleh komparator nantinya akan dipasang LED untuk indicator.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian LM35, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga rangkaian menarik lainnya, seperti Rangkaian Listrik Dinamis, Rangkaian Penguat Transistor, Rangkaian CCTV dan Rangkaian Sensor Ultrasonik.

No Responses

Leave a Reply