Rangkaian Logika

Rangkaian Logika memiliki pengertian sebagai rangkaian yang akan menerapkan dasar-dasar logika elektronika di setiap penggunaannya di dalam perangkat elektronik tersebut. Sementara pengertian dari dasar-dasar logika itu sendiri memiliki arti sebagai sebuah operasi yang akan diterapkan oleh rangkaian logika itu sendiri dengan menggunakan serta menampilkan gerbang logika yang akan terintegrasi di dalam satu komponen IC.

Gerbang logika sendiri bisa dikondisikan untuk melakukan input atau masukan yang nantinya akan dijadikan sebuah keluaran atau biasa disebut output dimana besarannya akan sesuai dengan apa yang sudah diatur dan juga ditentukan oleh rangakain logika tersebut. Akan ada tiga gerbang logika dasar yang terdapat di dalam rangkaian logika tersebut. Ketiga gerbang tersebut adalah Gerbang AND lalu gerbang OR dan yang terakhir adalah gerbang NOT. Dari proses penggabungan dari ketika gerbang tersebut yaitu Gerbang AND, OR dan juga NOT ini akan menghasilkan sebuah gerbang logika yang bernama NAND lalu NOR, XOR dan juga , gerbang XAND.

Rangkaian Logika

Gerbang NOR ini memiliki istilah tersendiri yang juga sudah sering digunakan di perangkat elektronika dan juga rangkaian logika itu sendiri. Nama lain atau istilah dari Gerbang NOR ini adalah Inverter. Pengertian atau cara kerja dari Gerbang NOR atau inverter ini dengan melakukan pembalikan semua input atau masukkan yang mengalir didalamnya. Ciri khas dari Gerbang NOR atau inverter ini adalah hanya memiliki satu kaki. Saat masukan atau input memiliki nilai 1, maka hasil keluaran akan bernilai 0. Perlakuan sebaliknya akan terjadi.

Sementara untuk Gerbang AND sendiri memiliki ciri khas dan juga fungsi logika dimana semua masukan atau input yang masuk ke dalam komponen ini akan memiliki besaran dan juga nilai 0. Jika hal itu terjadi, maka hasil keluaran rangkaian logika akan memiliki nilai 0. Sedangkan jika daya masukan atau input memiliki nilai 1, maka haisl keluaran atau output juga 1. Untuk Gerbang OR, mempunyai ciri tersendiri dimana ia berpihak kepada besaran 1. Fungsi dari Gerbang OR ini jika ia memiliki hasil keluaran 1 maka imput masukan tersebut sudah pasti memiliki nilai 1.

Leave a Reply