Rangkaian Low Pass Filter

Rangkaian Low Pass Filter merupakan rangkaian filter yang berfungsi untuk meneruskan frekuensi rendah dan menghambat frekuensi tinggi. Rangkaian low pass filter yang terdapat pada frekuensi bagian bawah akan mendapatkan redaman paling kecil sedangkaian bagian frekuensi di atasnya akan mendapatkan redaman yang paling besar. Fungsi utama dari low pass filter adalah meneruskan sinyal input frekuensi atau frekuensi cut off pada bagian bawah.

Yang dimaksud frekuensi cut off adalah frekuensi yang keluaran amplitudonya turun mencapai 70% atau sekitar -3dB terhadap amplitudo masukan. Low pass filter dapat kita buat dengan menggunakan dua jenis rangkaian dasar, yaitu rangkaian filter induktif dan rangkaian filter kapasitif. Untuk rangkaian induktif sendiri hanya dibuat menggunakan sebuah induktor dan beban, sedangkan untuk rangkaian kapasitif hanya menggunakan dua buah komponen, yaitu resistor dan kapasitor.

Saat ini, pemakaian low pass filter sudah banyak digunakan pada rangkaian subwoofer. Rangkaian ini tersusun berdasarkan op amp TL062 dari ST Mikro Elektronic. TL062 merupakan impedansi input ganda tinggi yang memiliki konsumsi daya sangat rendah dan laju perubahan yang dihasilkan sangat tinggi. Op amp merupakan perangkat audio yang memiliki karakteristik sangat baik dan juga sangat cocok untuk merangkai sebuah low pass filter.

Rangkaian Low Pass Filter

Rangkaian filter atau penyaringan memiliki peran yang sangat penting karena dapat meredam frekuensi yang kecil dan menahan rentang frekuensi yang memiliki redaman paling besar. Rangkaian filter juga terdiri dari komponen-komponen pasif atau biasa disebut dengan rangkaian filter pasif. Sekarang juga sudah ada rangkaian filter yang menggunakan komponen aktif sehingga disebut rangkaian filter aktif.

Rangkaian low pass juga dapat dikategorikan berdasarkan daerah frekuensi yang dilewatkan, yaitu Low Pass Filter (LPF), Rangkaian Band Pass Filter (RBPF), Rangkaian High Pass Filter (RHPF) dan Rangkaian Band Stop Filter (RBSF). Sedangkan pada bentuk respon masing-masing frekuensi, rangkaian low pass dibagi menjadi Rangkaian Filter Bessel (Maximally Flat Time Delay), Rangkaian Filter Cauer (Eliptic), Rangkaian Filter Butterworth (Maximally Flat) dan Rangkaian Filter Chepyshev (Tchebycheff).

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian low pass filter, semoga pembahasan rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia www.rangkaianelektronika.org. Baca juga artikel rangkaian lainnya, seperti Rangkaian Audio Mixer, Rangkaian LDR dan Rangkaian Sound System.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian PCB | Rangkaian Elektronika July 22, 2013
  2. Pingback: Rangkaian Bel | Rangkaian Elektronika July 9, 2014

Leave a Reply