Rangkaian Mesin Motor

Rangkaian Mesin Motor tentu sudah sering anda dengar bahkan sering anda kendarai. Sepeda motor memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk transportasi. Keunggulan dari sepeda motor tentu sangat banyak dan juga bisa membuat para pengendara lebih cepat sampai.

Tentunya ada banyak merk dari produsen otomotif mulai dari Jepang, Eropa, Amerika, hingga ke produsen di India menghasilkan produk yang sebenarnya menggunakan prinsip yang sama. Prinsip dan juga system kerja dari rangkaian mesin motor sendiri memiliki 2 cara, yaitu 2 stroke dan juga 4 stroke. Kedua jenis mesin ini bisa menghasilkan tenaga yang berbeda.

Gambar Skema Rangkaian Mesin Motor

Rangkaian Mesin Motor

Berikut sediki penjelasan secara sederhana mengenai kontruksi mesin sepeda motor.

Kepala Silinder
Bagian yang berada di paling atas dari kontruksi mesin adalah kepala silinder. Bagian ini memiliki fungsi sebagai penutup atau pelindung dari lubang silinder di bagian blok silinder yang juga bertugas untuk menjaga komponen lainnya yang pastinya memiliki peranan tidak kalah penting di dalam mesin sepeda motor tersebut.

Kepala silinder biasanya menggunakan bahan aluminium. Bagian kepala Silinder akan bertumpu di blok silinder yang digabungkan dengan baut. Diantara kedua bagian ini akan dipasang paking atau gasket yang bertujuan untuk menutup ruang bakar saat melakukan kompresi. Dan biasanya terdapat perbedaan untuk mesin 2 tak dan 4 tak. Bagian kepala silinder 2 tak memiliki bentuk kontruksi lebih sederhana disbanding mesin 4 tak.

Blok silinder
Blok silinder terletak diantara kepala silinder dan juga bak engkol. Di bagian tengah blok silinder ada lubang piston untuk melakukan kerja pada mesin. Dan biasanya akan diletakkan pelapis logam khusus yang berfunsi untuk mengurangi tingkat keausan yang disebabkan gesekan dengan bagian piston serta piston ring.

Poros engkol
Bagian poros engkol sendiri berada di bagian paling bawah di kontruksi mesin. Di bagian bak engkol tersebut ada rangkaian mesin yang dibuat secara komplit. Rangkaian mesin yang terdapat didalam bak engkol adalah :

  • Poros engkol
  • Bagian kopling
  • Perseneling
  • Generator atau genset mesin
  • Pompa oli
  • Tabung oli

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian mesin motor, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik kami lainnya, seperti Rangkaian Lampu Blitz, Rangkaian Mesin Cuci dan Rangkaian Kiprok Motor.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian AVR | Rangkaian Elektronika December 31, 2013

Leave a Reply