Rangkaian Mixer Audio

Rangkaian Mixer Audio atau bisa juga disebut rangkaian Audio Mixer memiliki pengertian sebagai perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menggabungkan beberapa input atau masukan dari audio dan diolah menjadi output yang sama atau 1 output saja. Dan biasanya kebanyakan mixer yang terdapat di pasaran, akan menggunakan perangkat op amp di dalamnya. Rangkaian mixer audio tersebut sendiri memiliki bagian-bagian yang penting seperti pre-amp dan juga tone control hingga adder.

Rangkaian mixer audio atau audio mixer sendiri memang biasanya digunakan untuk keperluat seperi studio rekaman hingga ke sistem panggilan publik dan juga sistem penguatan bunyi hingga masuk ke dalam dunia siaran radio dan juga televisi. Rangkaian mixer audio sendiri juga biasa digunakan untuk pasca produksi dalam produksi film. Mixer sangat membantu dalam pertunjukan musik atau konser yang tentu saja sangat kurang efisien dan juga tidak maksimla jika menggunakan amplifier masing-maisn alat untuk dikeluarkan melalui monitor ampli baik suara alat musik dan juga vokal yang ditampilkan oleh performer diatas panggung. Dan rangkaian mixer audio inilah yang akan menjadi peran penting untuk menyaring dan mengumpulkan dari mikrophone yang sudah terpasang di amplifier hingga nanti diatur seberapa besar suara yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan dari suara yang akan dikeluarkan di mixer tersebut.

Rangkaian Mixer Audio

Gambar Skema Rangkaian Mixer Audio

Rangkaian mixer audio tersebut memang menjadi perangkat yang cukup populer. Tentunya rangkaian mixer audio tersebut sering disebut mixer. Rangkaian mixer audio tersebut memang memiliki fungsi yang akan mencampur dan juga menggabungkan semua suara yang masuk ke dalam rangakain tersebut. Lalu menyeimbangkan suara dan juga mengubahnya menjadi output baik stereo atau mono yang kemudian melakukan cross-over ke power amplifier yang dikeluarkan ke speaker utama. Pada gambar rangkaian mixer audio tersebut, menggunakan 4 penguat yang akan diatur oleh IC SSM2024. Sementara arus sendiri memiliki besaran 5 hingga 9 mA. Sedangkan untuk sinyal atau noise sendiri berkisar 90 dB, yang menghasilkan bandwidth 130 kHz. Demikian rangkaian mixer audio yang bisa anda gunakan.

Leave a Reply