Rangkaian Mixer

Rangkaian Mixer atau audio mixer ini biasanya berfungsi untuk menggabungkan beberapa input atau masukkan dari berbagai macam sumber audio dan menggabungkannya menjadi satu bagian output audio. Mixer biasanya bisa anda temukan di studio rekaman hingga ke arena-arena konser mulai dari kecil hingga besar. Disebabkan fungsi dan tugasnya tersebut, tentu membuat mixer menjadi salah satu alat utama guna membuat suara di acara-acara tersebut menjadi lebih enak untuk didengar. Dan anda bisa melihat berbagai macam mixer yang dijual di pasaran. Dan biasanya mixer tersebut memiliki pre-amp, tuner, control dan adder. Dan anda bisa mencoba untuk membuat sendiri rangkaian mixer untuk digunakan di kamar atau di tempat anda latihan.

Audio mixer memang sangat dibutuhkan oleh para musisi. Seperti yang disebutkan diatas, mixer memang berfungsi untuk menguatkan sinyal audio menjadi satu dan menggabungkannya hingga memiliki output yang enak dan nyaman untuk didengar. Untuk penjelasannya secara ilmiah dan sesuai dengan dunia eletronika, mixer akan mencamur semua input yang masuk, lalu mixer akan menyeimbangkan semua input tersebut hingga kemudian mengirimnya ke cross over dan membawa hasil tersebut ke power amplifier hingga dihasilkan output sesuai dengan kemampuan mixer tersebut ke speaker. Jika mixer tersebut stereo, tentu output yang dihasilkan bisa stereo. Sementara jika mixer tersebut mono, maka hasilnya akan mono.

Rangkaian Mixer

Anda bisa membuat sendiri rangkaian mixer sederhana di rumah anda. Skema diatas bisa sedikit membantu untuk merangkai mixer. Pada rangkaian tersebut terdapat 4 komponen yang akan dikendalikan oleh IC SSM 2024. Untuk sinyal atau noise mencapai 90 db dengan bandwith sekitar 130 kHz. Untuk komponen IC SSM 2024 ini, biasanya sangat cocok dan bisa bekerja dengan maksimal di tegangan sebesar 9 V dan juga 18 V. Namun untuk meraih hasil lebih bagus lagi, tegangan dengan besaran hingga 15 V akan membuat kinerja rangkaian mixer ini akan mencapai puncaknya. Demikian sedikit pengetahuan mengenai rangkaian mixer tersebut. Semoga menjadi hal yang bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply