Rangkaian Panel

Rangkaian Panel pada panel listrik tentu sudah sering anda temukan. Dan untuk merangkai atau membuatnya sangat mudah dimana anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai kode yang ada di dalam komponen kontaktor atau relay. Kode ini biasa disebut No atau natural open dan NC atau biasa disebut Natural close. Fungsi dari komponen kontaktor dan relay pada rangkaian panel untuk menyambung arus dengan voltase kecil ke arus yang memiliki voltase besar. Sistem kerja dari plat ini akan menyambung disebabkan adanya kumparan yg mendorong plat tersebut.

Rincian dan juga pengertian dari NO atau Naturally open dan juga NC atau Naturally close yang terdapat pada rangkaian panel adalah :

Magnetic Contactor atau kontaktor memiliki fungsi untuk membuat magnet yang digunakan untuk menggerakkan penutup dan membuka saklar internal. Besaran arus listrik pada kedua komponen ini yang membedakannya. Jika memberikan arus listrik pada coil relay, maka saklar internalnya sudah pasti akan ikut terhubung.

Saklar internal pada rangkaian panel disebut kontak NO atau Normally Open dimana bila coil contactor atau relay dalam keadaan tak teraliri arus listrik. Sementara Relay dianggap sebagia sebagai pemutus seperti pada tombol Push Button dan saklar. Sementara Kontaktor di analogikan sebagai Breaker. Selain terdapat kontak NO dan NC, di komponen ini juga terdapat 3 buah kontak NO utama. Fungsinya tentu saja menghubungkan arus listrik sesuai ukuran.

Rangkaian Panel

Time Delay Relay (Timer)
Komponen Timer dan Tripper juga memiliki kontak NO dan NC. Yang membdedakan keduanya hanya pengaktifannya. Kontak NO dan NC pada Timer bekerja ketika timer diberi ketetapan waktunya. Bisa diatur melalui potensiometer yang terdapat pada komponen itu sendiri.

Over Load Relay
Komponen ini berbeda dengan kontak NO dan NC. Di sini kontak NO dan juga NC akan bekerja jika mendapatkan daya tekan dari bimetal trip. Komponen Bimetal Trip ini akan melengkung apabila resistance wire dialiri oleh arus yang memiliki besaran yang lebih besar dari nominalnya. Dan ia akan menekan lengan kontak yang menyebabkan kontak NC akan berubah menjadi kontak NO.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian panel, semoga rangkaian ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia www.rangkaianelektronika.org.

Leave a Reply