Rangkaian Pengisi Accu

Rangkaian Pengisi Accu Adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengaktifkan mesin dan menghidupkan kembali sistem kerja pengapian. Rangkaian accu juga merupakan rangkaian yang paling sering digunakan disetiap kendaraan, khususnya kendaraan bermotor. Dengan bergitu, perang aki tidak bisa diragukan lagi bahkan ini sangat penting. Itu sebabnya rangkaian pengisi accu menjadi salah satu bagian yang harus menjadi perhatian dan memiliki perawatan secara khusus.

Aki atau accu yang paling sering di gunakan untuk mobil dan motor adalah jenis accu basah. Accu basah yang saya maksud adalah Lead Acid Battery. Paling tidak kita perlu melihat ketinggian air accu sebulan sekali yang dapat kita lihat dari body samping accu tersebut. Jangan sampai air yang terdapat di dalam accu berada di bawah level minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri.

Ciri-ciri accu yang sudah rusak adalah ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangannya turun dari yang seharusnya. Biasanya di tandai dengan bunyi klakson yang tidak seperti biasanya, lampu utama tidak seterang biasanya, waktu akan starter mesin jadi lebih panjang bahkan bisa lebih parah sehingga tidak bisa starter sama sekali.

Untuk mengisi aki otomatis di butuhkan rangkaian automatic lead acid baterry charger. Rangkaian pengisi accu akan memberikan arus pengisian ke aki secara konstan, kemudian setelah muatan terisi penuh maka rangkaian pendeteksi tegangan penuh akan secara otomatis memutus arus pengisian secara otomatis.

Gambar Skema Rangkaian Pengisi Accu

Rangkaian Pengisi Accu

Rangkaian automatic charger ini dapat di gunakan untuk mengisi aki 6, 12 dan 24 volt, tergantung dari setting pada trimpot VR. Kapasitas accu yang bisa di isi maksimal adalah 60Ah, jika anda menginginkan kapasitas yang lebih besar maka komponen SCR dapat di ganti dengan tipe yang lebih besar. Rangkaian ini tidak menggunakan relay untuk sebagai pemutus arusnya, tetapi menggunakan SCR sehingga memiliki tahanan yang lebih baik.

Gambar skema rangkaian di atas merupakan rangkaian accu yang dapat mengisi secara otomatis pada arus 4 ampere, penggunaan dioda pun harus mempunyai daya kerja pada 4A atau 40 Volt. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian pengisi accu, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel rangkaian lainnya, seperti Rangkaian RC, Rangkaian Sensor Cahaya dan Rangkaian Pengusir Nyamuk.

No Responses

Leave a Reply