Rangkaian Penguat Transistor

Rangkaian Penguat Transistor memiliki fungsi untuk memberikan perkuatan arus pada komponen transistor pada perangkat elektronika. Terdapat 3 jenis atau tipe dari rangkaian penguat transistor yang bisa anda temukan.

Gambar Skema Rangkaian Penguat Transistor

Rangkaian Penguat Transistor

Rangkaian Grounded Emitor
Rangkaian Grounded Emitor atau biasa disebut rangkaian emitor yang dihubungkan langsung dengan tanah, di dalam rangkaian tersebut sinyal input akan masuk melalui komponen basis dan juga komponen emitor. Sementara untuk sinyal output atau sinyal keluar sendiri akan melalui kolektor dan juga emitor di dalam rangkaian tersebut. Rangkaian Grounded emitor ini sering disebut juga dengan nama lain yaiktu rangkaian Common Emitor atau rangkaian Emitor bersama. Di dalam rangkaian tersebut akan terjadi penguatan arus dan juga tegangan serta akan terjadi pembalikan fase di sektor output atau sinyal keluar.

Rangkaian Grounded Basis
Rangkaian Grounded Basis atau biasa disebut rangkaian basis yang dihubungkan dengan tanah, di dalam rangkaian tersebut sinyal input atau sinyal masuk akan di alirkan melalui basis dan emitor. Sementara untuk sinyal output atau juga sinyal keluar akan dialirkan melalui kolektor dan juga basis di dalam rangkaian tersebut. Rangkaian ini sering disebut juga dengan rangkaian Common Basis atau biasa disebut rangkaian Basis bersama. Di dalam rangkaian ini akan terjadi perkuatan tegangan. Sementara perkuatan arus tidak terjadi dan juga tidak adanya proses pembalikan fase di bagian output atau sinyal keluar.

Rangkaian Grounded Colector
Rangkaian Grounded Colector atau biasa disebut rangkaian kolektor yang dihubungkan dnegan tanah, rangkaian ini memiliki sinyal input yang akan masuk melalui basis dan juga komponen kolektor. Sementara untuk sinyal output dan juga keluar akan melalui kolektor dan juga komponen emitor. Rangkaian ini sering juga disebut dengan rangkaian Common Kolektor atau Kolektor bersama. Di dalam rangkaian Grounded Colector ini hanya akan terjadi perkuatan arus saja. Sementara untuk perkuatan tegangan, tidak akan terjadi dan juga tidak terdapat di pembalikan fase pada bagian output atau sinyal keluar pada rangkaian grounded colector ini.

Demikian penjelasan singkat tentang Rangkaian Penguat Transistor, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian CCTV, Rangkaian Sensor Ultrasonik dan Rangkaian Multivibrator.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Analog | Rangkaian Elektronika January 7, 2014

Leave a Reply