Rangkaian Radio FM

Rangkaian Radio FM ada yang menggunakan sistem stereo dan juga mono. Dan tentu saja radio FM yang menggunakan sistem stereo, biasanya akan menghasilkan suara yang memiliki kualitas yang jauh lebih bagus di frekuensi atau band FM sekitar 88 MHz hingga 108 MHz. Yang perlu diperhatikan di dalam rangkaian FM Stereo ini tentu saja komponen chip IC yang akan dioperasikan dengan besaran tegangan 3 volt DC. Dan perlu diperhatikan juga bahwa komponen chip ini bisa hancur dan juga rusak jika dioperasikan dengan menggunakan tegangan yang memiliki besaran lebih dari 3,5 volt. Antena yang digunakan sendiri merupakan antena teleskopik standar atau juga antena yang menggunakan 2 kaki kawat panjang. Di rangkaian radio Stereo ini disarankan untuk menambahkan potensiometer yang berfungsi untuk melakukan kontrol.

Gambar Skema Rangkaian Radio FM

Rangkaian Radio FM

Standard untuk mendapatkan frekuensi yang digunakan untuk mengalokasikan siaran FM sendiri biasanya berada pada frekuensi 88 MHz hingga 108 MHz. Pasalnya di wilayah tersebut, frekuensi akan diterima dengan sangat baik dan memiliki suara yang relatif lebih bersih dan juga bebas dari gangguan ataupun interferensi yang membuat suara hilang dan juga mengalami noise. Jangkauan dari rangkaian radio FM ini memang tidak bisa sejauh dan sebesar jika dibandingkan pada rangkaian radio AM yang memiliki panjang gelombang yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan radio FM. Otomatis noise yang sering mengganggu akibat penurunan daya tentu saja tidak begitu berpengaruh kepada FM karena dipancarkan dengan menggunakan sistem LOS atau Line Of Sight.

Sesuaikan dengan komponen kapasitor C8 untuk mendapatkan jangkauan frekuensi pada radio FM anda supaya menjadi lebih jernih. Dan pastinya tunggu sampai anda benar-benar mendapatkan serta mendengar sinyal yang masuk ke dalam pemancar rangkaian radio FM anda. Untuk mendapatkan sinyal yang kuat, tentu saja anda bisa menyesuaikan komponan resistor R4 hingga lampu indikator di dalam rangkaian radio FM tersebut menyala. Gunakan juga komponen potensiometer yang bisa mengaktifkan sinyal masukan untuk menerima hingga tingkat bawah. Untuk menyeimbangkan sinyal, bisa juga dengan menggunakan headphone dimana L1 induktor merupakan 3 putaran dari kawat dengan tebal 0,5 mm.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Anti Maling | Rangkaian Elektronika December 18, 2013

Leave a Reply