Rangkaian Radio

Rangkaian Radio tentu sudah banyak diketahui oleh masyarakat awam. Radio menjadi salah satu hiburan selain televisi dan juga komputer yang bisa menemani hari-hari anda. And asendiri juga bisa merangkai atau membuat rangkaian radio yang bisa menggunakan komponen dimana bisa didapatkan dengan mudah di beberapa toko elektronik langganan anda. Rangkaian radio menggunakan sumber tegangan dari sepasang baterai yang menghasilkan daya sebesar 3 Volt. Dan anda bisa menyimak skema gambar di bawah ini untuk merangkai radio untuk diperdengarkan sehari-hari.

Rangkaian Radio

Pada gambar skema rangkaian radio tersebut, sudah menggunakan audio amplifier yang berfungsi untuk memperkuat sinyal agar tampilan suara lebih jernih. Komponen yang digunakan di dalam rangkaian radio ini adalah 2 buah transistor dan juga komponen penguat sinyal IC TDA7050. Pada bagian receiver rangkaian radio tersebut atau biasa disebut penerima sinyal, digunakan komponen transistor dengan tipe BF 199 sebanyak 2 buah. Transistor ini dirangkai membentuk receiver yang cukup sederhana untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Anda bisa lihat bagaimana transistor pada T1 dan T2 yang dikonfigurasikan dengan rangkaian induktor L dan C pada skema rangkaian tersebut.

Untuk rangkaian frekuensi tuning radio, menggunakan komponen kapasitor atau varco. Sementara untuk rangkaian detektor FM, gabungan konfigurasi R1, C1, R2, C2. Sedangkan untuk penguat audio, difungsikan untuk memberikan perkuatan pada penerimaan sinyal isyarat informasi pada area receiver FM. Pada rangkaian penguat audio ini, menggunakan komponen IC TDA7050. Dan komponen tersebut berhubungan langsung dengan speaker atau head phone yang menjadi output dari sinyal audio tersebut. Dan pada skema rangkaian tersebut juga dilengkapi dengan tuning volume yang bertugas untuk menguatkan sinyal audio yang dilakukan oleh penguat sinyal pada rangkaian radio tersebut. Inilah sedikit informasi yang bisa anda dapatkan sebagai sumber referensi serta pengetahuan mengenai rangkaian radio yang sudah sering anda temukan dibeberapa toko elektronik. Dan anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk membuat radio FM yang menarik.

No Responses

Leave a Reply