Rangkaian Regulator

Rangkaian Regulator ini merupakan salah satu komponen penting di dalam alat elektronik. Rankaian regulator ini akan memberikan arus listrik atau tegangan dan menyebabkan aliran tersebut akan bebas dari hambatan hingga bisa memenuhi kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh alat elektronik tersebut. Jika alat elektronik atau gadget tersebut bebas hambatan, tentu kinerjanya menjadi lebih baik. Setiap gadget dan alat elektronik tentunya membutuhkan tegangan berdasarkan besar tegangan masing-masing. Oleh sebab itu besaran tegangan di setiap regulator juga berbeda. Dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan serta kebutuhan dan fungsi dari regulator ini bisa bekerja secara maksimal.

Pada pasokan listrik analog, rangkaian tegangan seri 78xx sering digunakan. Pada rangkaian regulator tersebut, tidak diperlukan komponen tambahan apapun. Oleh sebab itu rangkaian ini sering digunakan tanpa bantuan apapun. Hanya dibutuhkan komponen kapasitor C2 yang memiliki nilai 220 nF yang akan mencegah osilasi. Namun tidak jarang kapasitor dengan nilai 100 nF atau C1 sering digunakan di rangkaian tersebut. Hal tersebut tidak terlalu dipermasalahkan. Pasalnya fungsi dari kapasitor tersebut memang untuk mengurangi riak dari tegangan yang diubah disana.

Gambar Rangkaian Regulator

Rangkaian Regulator

Anda bisa melihat skema rangkaian regulator diatas. Pada rangkaian tersebut jika tegangan dihasilkan dari sebuah adaptor, maka kapasitor elektrolit sudah disediakan langsung dari adaptor tersebut. Kapasitor C2 bisa saja dihilangkan dari rangkaian jika kapasitor C1 diletakkan di dekat 78xx dan tentu saja memiliki kualitas yang sangat baik dengan tingkat ESR yang sangat rendah. Namun disarankan tetap menggunakan kapasitor C2 untuk memberikan jaminan keamanan pada rangkaian tersebut. Biasanya kapasitor C1 yang memiliki besaran 100 nF ditempatkan di input regulator. Sementara di area output sendiri biasanya tidak ada kapasitor disana. Namun alangkah baiknya jika kapasitor C3 dengan nilai 100 nF diletakkan di sana untuk mempengaruhi arus beban pada rangkaian regulator tersebut. Dan rangkaian regulator ini bisa memberikan kebutuhan daya yang sama jika diletakkan tidak begitu jauh. Demikian sedikit pengetahuan mengenai rangkaian regulator yang bisa anda simak.

Leave a Reply