Rangkaian Relay

Rangkaian Relay adalah rangkaian elektronika yang dapat kita gunakan untuk mengendalikan sesuatu dari jarak jauh. Relay sendiri merupakan saklar magnetis yang paling sering digunakan pada setiap rangkaian elektronika. Dalam dunia elektronika, relay sangat berperan penting dalam suatu rangkaian karena dapat mengontrol rangkaian beban arus tinggi dengan arus yang rendah.

Dengan menggunakan rangkaian relay, kita juga tidak perlu capek untuk mengontrol ataupun mengoperasikan suatu perangkat karena dapat kita lakukan dari jarak jauh sehingga nantinya dapat mempermudah dan memperlancar pekerjaan. Biasanya, rangkaian relay terdapat pada televisi, transmitter, sound system, rangkaian bel, lampu taman otomatis, pengendali peralatan listrik dan perangkat elektronika lainnya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sebuah rangkaian relay dengan menggunakan beberapa komponen elektronika. Sebelum membuat rangkaian menggunakan relay, kita harus mengumpulkan beberapa komponen yang nantinya akan dipergunakan, diantaranya :

  • Relay 5 Volt
  • Baterai 9 Volt
  • Saklar Toggle
  • Lampu

Berikut ini gambar skema rangkaian relay

Rangkaian Relay

Cara kerja rangkaian relay diatas nantinya terdiri dari satu kontak Normally Open (NO) dan satu kontak Normally Close (NC) juga tidak ketinggalan kontak diam yang dihubungkan dengan pluger. Yang dimaksud dengan NO disini adalah dalam keadaan tidak aktif terbuka, sedangkan yang dimaksud dengan NC adalah dalam keadaan tidak aktif tertutup.

Pada gambar di atas juga dapat kita lihat, rangkaian beban nantinya akan dihubungkan dengan kontak diam dan kontak NO. Selanjutnya, Saklar Toggle SW5 pada kondisi awal dalam keadaan terbuka. Ini dimaksudkan agar arus dari baterai 9 volt tidak mengalir dan relay tidak aktif sehingga rangkaian beban juga ikut tidak aktif. Ketika saklar SW5 kita tutup maka relay secara otomatis akan aktif, posisi kontak NO akan tertutup dan rangkaian beban akan aktif, lampu yang kita hubungkan juga akan menyala dan seterusnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian relay, semoga apa yang kami bahas kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel elektronika lainnya, seperti Rangkaian Op Amp dan Rangkaian Timer.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian TV | Rangkaian Elektronika July 27, 2013

Leave a Reply