Rangkaian Remote Control

Rangkaian Remote Control adalah rangkaian yang terdiri dari dua bagian, yaitu pemancar dan penerima. Remote control skematik adalah diagram yang paling sederhana. IC pemancar yang terdapat pada rangkaian pemancar nantinya dikendalikan oleh NE555. Sedangkan untuk rangkaian penerima dapat kita kendalikan dengan frekuensi sinyal yang dipancarkan oleh rangkaian pemancar. Frekuensi sinyal yang dikirimkan harus sama dengan decorder dari rangkaian penerima.

Kali ini saya akan membahas rangkaian remote control lampu. Berikut ini gambar skema rangkaian dan daftar komponen yang diperlukan :

Rangkaian Remote Control

Daftar Komponen Rangkaian Remote Control

R1 = 220K
R2 = 470K
R3 = 33K
R4 = 180K
R5 = 47K
R6 = 22K
R7 = 180K
R8 = 470 ohm
R9 = 47K
R10 = 560 ohm
R11 = 6,8K
C1 = 4,7KpF
C2 = 10KpF
C3 = 33KpF
C4 = 10mF
C5 = 1mF
C6 = 100mF
PT = Photo Transistor PT-500
T1 – T4 = CS9014
T5 = CS9013
D1 = 1N4148
D2 = 1N4002
IC = SN7473
RELAY = 6 Volt DC
Lampu Pijar AC 220 Volt

Cara membuat rangkaian remote control di atas, yaitu siapkan semua kompoen yang sudah ditentukan dan sebuah papan PCB baru dapat anda beli di toko elektronika. Setelah semuanya sudah lengkap, pasanglah komponen resistor terlebih dahulu kemudian kapasitor. Ingat pemasangan komponen Elco jangan sampai terbalik polarisasinya. Setelah semua komponen telah disolder dengan baik, pasang komponen Dioda, Transistor, Photo Transistor dan IC. Jangan sampai semua kaki pin transistor dan IC dipasang terbalik, apabila terjadi maka akan berakibat fatal.

Solderlah semua komponen tadi dan satukan. Setiap kaki komponen dengan menggunakan kabel kecil dan terakhir pasanglah relay 6 Volt DC. Pada kaki pin 1 dan pin 2 SW output dari relay kita sambungkan ke lampu TL AC 220 Volt dan ingat jangan sampau salah dalam pemasangan. Ikuti petunjuk yang sudah ada pada gambar rangkaian diatas.

Setelah semua komponen telah di pasang dengan benar, alirilah tegangan supply DC 12 Volt untuk rangkaian yang baru kita buat untuk menguji apakah rangkaian bekerja dengan baik gunakanlah remote control apa saja, seperti remote tv, dvd dan remote lainnya. Jika rangkaian terpasang dengan benar, maka akan terdengar suara saklar relay yang aktif. Setelah semuanya aktif, sambungkan stop kontak kabel lampu TL AC 220 Volt pada jala-jala PLN dan tekan salah satu remote control kemudian lihat hasilnya. Jika benar, lampu TL akan menyala sesuai dengan intruksi dari remote control, bila ingin memadamkan lampu tekanlah sekali lagi tombol yang ada pada remote control maka otomatis lampu akan padam.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai rangkaian remote control, semoga rangkaian kali ini nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi pengunjung setia www.rangkaianelektronika.org. Baca juga artikel elektronika lainnya, seperti Rangkaian Penyearah dan Rangkaian Lampu Berjalan.

One Response

  1. Pingback: Rangkaian Timer | Rangkaian Elektronika July 24, 2013

Leave a Reply