Rangkaian RLC Seri

Rangkaian RLC seri adalah rangkaian resistor, induktor dan juga kapasitor yang disusun secara seri atau berderet. Sebelum menjelaskan mengenai rangkaian RLC seri ini, nama RLC sendiri disimbolkan sebagai aliran listrik untuk ketahanan, kapasitansi dan induktansi dari masing-masing rangkaian. Dan untuk rangkaian RLC seri sendiri bisa anda lihat pada skema gambar berikut ini.

Dalam skema gambar rangkaian tersebut, terdapat rangkaian RLC yang disusun seri dengan dihantarkan arus listrik AC atau searah.Dan arus AC tersebut akan mendapatkan hambatan pada komponen dengan simbol R, L dan juga C. Dalam hambatan tersebut akan dihasilkan Impedansi dengan simbol Z. Dan Impedansi atau Z tersebut merupakan proses penggabungan dari simbol R, L dan C.

Gambar Skema Rangkaian RLC Seri

Rangkaian RLC Seri

Pada rangkaian oscilator, rangkaian RLC ini sering digunakan dalam rangkaian tersebut. Dan biasanya digunakan pada penggunaan tuning radio dan juga televisi untuk mencari frekuensi dari gelombang radio. Skema rangkaian RLC seri ini juga sering disebut circuit conrolled. Dan rangkaian RLC seri bisa digunakan untuk band pass filter dan juga band stop filter. Dan filter dari RLC ini sering diartikan bahwa arus yang melewati rangkaian tersebut akan digambarkan dengan persamaan diferensial di dalam analisis dari rangkaian tersebut. Biasanya bass pass filter sering digunakan untuk tuning aplikasi.

Di dalam rangkaian RLC seri tersebut terdapat 3 buah elemen penting yang dapat dikombinasikan. Kombinasi antara 3 komponen yaitu resistor, induktor dan kapasitor ini bisa dirangkai secara seri, paralel atau bahkan keduanya. Dan rangkaian seri dan paralel menjadi rangkaian yang mudah untuk dianalisa. Terutama rangkaian seri. Untuk menganalisa rangkaian tersebut sangat mudah dan gampang. Namun tentu saja untuk pengaplikasiannya ke perangkat elektronika, disesuaikan dengan kebutuhan dari perangkat tersebut. Rangkaian RLC seri dan paralal memang rangkaian sederhana di dunia eletronika yang mudah untuk dianalisa dan dihitung. Semoga artikel mengenai rangkaian PLC seri ini bisa membantu anda untuk lebih mengerti mengenai rangkaian RLC seri tersebut.

Leave a Reply