Rangkaian Robot Sederhana

Rangkaian robot sederhana saat ini menjadi cukup populer. Dengan pandangan manusia yang ingin menciptakan dunia futuristik dimana semua hal akan dibantu oleh robot, membuat setiap negara berlomba-lomba membuat sebuah robot yang unik dan bisa berfungsi dengan baik. Anda pun bisa membuat sendiri robot dengan menggunakan rangkaian robot sederhana. Ada beberapa macam bentuk dan sistem kerja robot yang bisa anda buat. Mulai dari sistem analog atau manual dengan sistem digital. Bagi anda seorang pemula, tentu rangkaian robot analog bisa menjadi salah satu alat percobaan.

Robot sederhana yang bisa anda buat adalah robot line follower. Robot line follower adalah robot analog yang akan mengikuti garis bantu yang cukup sederhana. Dan untuk mewujudkan robot ini sendiri cukup sederhana dan simpel. Apalagi banyak komponen yang bisa anda temukan di toko-toko elektronik. Apa saja langkah pengerjaan robot ini.

Sensor

Skema Rangkaian Sensor

Sensor berfungsi untuk mengubah variasi seperti suara, mekanik, magnetik, panas menjadi sebuah tegangan atau arus. Di rangkaian robot ini, sensor bertugas sebagai indera seperti halnya manusia. Dan untuk mengikuti garis atau line, sensor yang digunakan adalah lampu LED yang digunakan sebagai transmitter atau pemancar serta Photodiode untuk menerima pesan atau receiver. Hubungan antara LED dan photodiode ini sangat penting untuk kinerja robot.

Processor

Sementara komponen IC LM 339 akan berfungsi sebagai komparator di rangkaian robot ini. Fungsi dari komparator IC LM 339 ini adalah mengubah sinyal yang diterima dari sensor menjadi digital. Sehingga robot bisa memproses arus yang dikirimkan oleh IC LM 339 ini.

Skema Komparator IC LM 339

IC 74LS00

Fungsi dari komponen IC 74LS00 adalah sebagai NAND.

Transistor

Sementara untuk transistor sendiri digunakan sebagai saklar on/off untuk mengatur penggunaan motor pada robot tersebut.

Dinamo

Untuk menggerakan robot, dinamo inilah yang akan bertugas untuk hal tersebut. Anda bisa menggunakan dinamo tamiya atau dinamo lainnya yang bisa ditemukan di toko-toko elektronik. Fungsi dari dinamo dalam logika elektronika adalah mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk menggerakkan robot tersebut.

Rangkaian Robot Sederhana

Setelah mendapatkan semua komponen yang anda butuhkan, rakit sesuai dengan skema gambar berikut. Dan anda tinggal menikmati hasil rangkaian anda. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian robot sederhana, baca juga artikel menarik lainnya seperti Rangkaian Charger Aki dan Rangkaian Amplifier Sederhana.

Leave a Reply