Rangkaian Robot

Rangkaian Robot memang sudah menjadi salah satu rangkaian yang sangat populer. Dan di negeri Sakura sendiri sudah terus melakukan inovasi terhadap rangkaian ini. Apalagi di dunia yang serba berteknologi dan futuristik ini. Dan anda juga bisa membuat rankaian robot mulai dari cara kerja sederhana hingga ke rangkaian robot yang sedikit rumit. Dan ada beberapa cara serta bentuk yang bisa anda pakai untuk membuat rangkaian robot sederhana tersebut.

Salah satu dari rangkaian robot tersebut adalah line follower. Rangkaian robot line follower ini merupakan robot analog yang akan bekerja dengan cara mengikuti garis yang juga memiliki cara kerja yang sederhana. Di dalam rangkaian robot ini, ada beberapa komponen yang tentu saja bisa ditemukan di toko elektronik di dekat rumah anda. Dan apa saja komponen serta kerja dari rangkaian ini ?

Gambar Skema Rangkaian Robot

Rangkaian Robot

Sensor
Komponen sensor memiliki fungsi untuk mengubah suara dan juga mekanik, magnetik, serta panas menjadi arus dan juga tegangan. Sensor sendiri disini memiliki fungsi dan juga tugas untuk menjadi indera pada robot tersebut. Untuk melihat dan juga mendeteksi garis, komponen sensor akan menggunakan lampu LED yang berfungsi sebagai transmitter dan juga Photodiode yang akan menerima pesan atau istilahnya adalah receiver. LED dan Photodiode memiliki peran yang sangat penting di rangkaian ini.

Processor
Di dalam rangkaian ini juga terdapat komponen IC LM 339 yang memiliki fungsi sebagai komparator. Komponen IC LM 339 ini bertugas untuk mengubah sinyal yang akan diterima oleh sensor tersebut menjadi digital. Dan tentu saja proses ini bisa membuat robot mengolar data yang dikirimkan IC LM 339.

IC 74LS00
Sedangkan untuk komponen dari IC 74LS00 akan memiliki fungsi sebagai NAND.

Transistor
Untuk mengatur dari penggunaan roda, komponen transistor akan bertugas untuk itu.

Dinamo
Komponen dinamo didalam rangkaian robot ini berfungsi menggerakkan robot. Dan dinamo sendiri bekerja dengan mengubah listrik menjadi energi mekanik.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian robot, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia www.rangkaianelektronika.org.

Leave a Reply