Rangkaian Running LED

Rangkaian Running LED sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan rangkaian led berjalan. Mulai dari papan billboard dengan lampu flip flop yang bergantian, hingga mobil Kit Knight Rider sampai running text yang biasa anda temukan di area pertokoan atau tempat –tempat lainnya. Dan anda pun bisa membuat rangkaian ini sendiri untuk digunakan sebagai lampu hias atau motor anda agar tampil lebih futuristik dan menarik. Tidak perlu repot dan susah untuk membuat rangkaian tersebut. Anda bisa mempelajari skema yang anda dapat dan langsung mengerjakannya.

Gambar Skema Rangkaian Running LED

Rangkaian Running LED

Untuk membuat rangkaian running led ini, anda membutuhkan komponen elektronika yang cukup sederhana. Rangkaian pembuat pulsa naik turun 4 bit yaitu IC 74LS191, lalu rangkaian dekoder 4 to 16 yaitu IC 74LS154 dan tentu saja rangkaian multi vibrator astabil. Jika anda melihat running text atau running led, tentu anda bisa melihat bagaimana lampu led itu berjalan atau bergerak cepat. Dan pergerakan nyala lampu led ini ditentukan oleh frekuensi nyala lampu tersebut. Komponen yang bertugas untuk membagi frekuensi dan menyalurkannya ke lampu led ini adalah IC 74LS191. Dan proses pembagian atau pencacahan tersebut akan ditentukan oleh output dari NAND latch. Proses nyala led ini ditentukan oleh output tersebut.

Terdapat sekitar 17 pin dalam komponen IC 74LS154. Jika lampu bergerak dari pin nomor 1 ke pin 17, maka output dari NAND latch akan memiliki daya logika yang tinggi. Dan pin 17 memiliki daya logika yang rendah. Oleh sebab itu hal ini akan membuat pembagian atau pencacahan menjadi naik. Sementara sebaliknya akan terjadi jika lampu led berputar atau bergerak dari pin 17 ke arah pin nomor 1 di IC 74LS154 ini. Output dari NAND latch akan berdaya logika rendah. Dan tentu saja hal ini membuat pencacahan menurun. Dengan kombinasi hasil dan gaya tersebut, anda bisa membuat pergerakan lampu led yang biasa anda temui di running text atau lampu hias lainnya. Mudah bukan kinerja untuk membuat running led. Jika anda penasaran, silahkan untuk mencoba di rumah anda. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian running LED, baca juga artikel menarik lainnya seperti Rangkaian LED Berjalan dan Rangkaian Listrik Sederhana.

Leave a Reply