Rangkaian Saklar Sentuh

Rangkaian saklar sentuh tentu menjadi hal yang masih awam. Namun jika mendengar gadget dan juga barang elektronik yang hanya dioperasikan dengan layar sentuh, tentu saja anda sudah paham. Dan rangkaian saklar sentuh tersebut menjadi salah satu komponen yang masuk ke dalam perangkat tersebut. Biasanya pada notebook, laptop, komputer PC dan juga beberapa gadget yang saat ini sedang tren seperti android, iPhone dan beberapa perangkat lainnya. Dan di artikel ini akan sedikit dijelaskan sedikit informasi mengenai rangkaian saklar sentuh.

Rangkaian saklar ini sangat peka dimana bisa beroperasi dengan hanya disentuh dengan ujung jari saja. Rangkaian ini bisa digunakan untuk menyalakan lampu dan juga beberapa komponen lainnya. Selain lampu, komponen seperti relay, pemancar radio dan juga morse juga bisa digabungkan di rangkaian saklar sentuh tersebut. Kinerja saklar sentuh ini mendeteksi arus yang melewati jari dimana menghubungkan 2 buah kontak yang harus anda berikan timah yang bisa meminimalkan karat di komponen tersebut.

Rangkaian Saklar Sentuh

Dalam skema gambar rangkaian di atas, memiliki konsep kerja dimana jika kontak tersebut disentuh dengan jari maka arus listrik akan langsung mengalir. Aliran listrik akan mengalir ke emitor Q1 dengan besaran tegangan yang kecil. Sementara di kolektor Q1 akan dihasilkan besaran tegangan yang besar dan akan mengaktifkan semua sistem di rangkaian tersebut. Arus dari kolektor Q1 masuk ke basis Q2 yang menyebabkan menghantar arus yang sangat kuat. Hal ini membuat komponen Q3 menjadi tersumbat. Dengan keadaan ini kolektor Q3 akan memiliki besaran tegangan yang tinggi dan juga menyebabkan komponen Q4 pada area basis juga menghantarkan arus yang menyebabkan lampu menyala.

Sementara kerja sebaliknya akan terjadi jika kita mengangkat jari dari saklar sentuh ini, maka tidak ada arus yang mengalir di Q1. Dan kondisi ini membuat Q2 menjadi tersumbat akibat tidak adanya aliran di basis Q2. Sementara komponen Q3 akan menarik arus dari R3 dan membuat kolektor Q3 akan menurun dan membuat lampu tersebut akan mati.

Leave a Reply