Rangkaian Sederhana

Rangkaian Sederhana atau biasa disebut rangkaian listrik sederhana ini memiliki arti sebuah rangkaian yang akan dialiri oleh arus yang memiliki muatan listrik didalamnya. Dan biasanya di dalam rangkaian elektronika tersebut, terdapat beberapa macam komponen yang pastinya memiliki kinerja dan juga fungsi yang tertentu. Dan di dalam rangkaian listrik tersebut memiliki beberapa macam komponen yang akan mendapatkan suplai energi dari sumber tegangan yang tentunya memiliki besaran yang berbeda-beda. Dan tegangan tersebut akan mengalir di dalam rangkaian tersebut serta akan menghasilkan output atau tenaga keluaran yang bisa langsung digunakan.

Di dalam rangkaian sederhana atau rangkaian listrik sederhana ini, didalam rangkaian tersebut terdapat berbagai macam komponen yang akan membuat rangkaian tertutup dimana bisa mengalirkan aliran listrik yang masuk dari sumber tegangan tersebut. Sementara di dalam rangkaian tersebut terdapat komponen pengguna energi yang akan mendapatkan arus dari sumber tegangan yang masuk ke dalam rangkaian ini. Dan rangkaian listrik sederhana ini memiliki 2 bentuk rangkaian yang biasa di gunakan. Yaitu rangkaian seri dan juga paralel.

Gambar Skema Rangkaian Sederhana

Rangkaian Sederhana

Di dalam rangkaian seri tersebut, komponen yang digunakan akan dipasang dengan bentuk berbaris. Dan arus yang mengalir ke rangkaian tersebut akan mengalir para satu cabang komponen itu saja. Sementara jika salah satu komponen mengalami kendala seperti kerusakan atau juga dicabut dari rangkaian, tentu saja aliran arus tersebut tidak akan mengalir sebagaimana mestinya. Dan pastinya aliran arus di dalam rangkaian tersebut akan putus. Keunggulan dari rangkaian sederhana tentu saja memiliki biaya pembuatan yang relatif lebih murah.

Sementara rangkaian paralel memiliki bentuk yang sedikit lebih kompleks. Komponen di dalam rangkaian tersebut akan disususn secara berjajar dimana di setiap komponen memiliki cabang sendiri-sendiri. Dan aliran arus dari sumber tegangan akan mengalir ke setiap cabang dari komponen tersebut.Tidak hanya di satu cabang saja. Dan keunggulannya adalah jika salah satu komponen mengalami kerusakan atau juga diputus, tentu saja aliran arus tersebut akan terus mengalir dan tidak mengganggu komponen lainnya di dalam komponen tersebut.

Demikian sedikit info mengenai rangkaian sederhana yang bisa membantu anda. Baca juga artikel kami lainnya, seperti Rangkaian Audio Mobil, Rangkaian Subwoofer Sederhana dan Rangkaian MP3 Player.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Audio Mobil | Rangkaian Elektronika September 3, 2014

Leave a Reply