Rangkaian Sensor Gerak

Rangkaian Sensor Gerak biasanya berfungsi untuk mendeteksi gerakan-gerakan hingga menimbulkan bunyi atau alarm sebagai tanda bahwa alat sensor tersebut mampu mendeteksi gerakan yang disimak. Ada banyak cara dan tipe rangkaian sensor gerak tersebut. Dan anda bisa membuat sendiri rangkaian tersebut dengan mudah menggunakan komponen-komponen yang bisa anda temukan di sekitar rumah anda. Dan salah satunya adalah rangkaian sensor gerak dengan menggunakan infra merah sebagai pendeteksi gerakan tersebut. Seperti apa skema dari rangkaian sensor gerak infra merah tersebut.

Gambar Skema Rangkaian Sensor Gerak

Rangkaian Sensor Gerak

Pada rangkaian sensor gerak menggunakan infra merah ini, di bagian pemancar menggunakan komponen IC NE 555 yang berguna untuk membangkitkan sinyal di dalam rangkaian tersebut. Pada komponen ini dihasilkan frekuensi sekitar 5 kHz. Hasil dari pengolahan rangkaian tersebut akan dipancarkan oleh lampu LED infra merah yang dipasang di rangkaian sensor gerak tersebut. Komponen IC NE 555 ini berfungsi sebagai multi vibrator a stabil. IC NE 555 ini akan dihubungkan langsung dengan lampu LED infra merah yang akan menghasilkan frekuensi seperti yang sudah disebutkan diatas sebesar 5 kHz. Dan sinyal infra merah ini akan ditangkap oleh transistor Q1. Jika kondisi kosong atau tidak ada yang bergerak, maka output pin IC 2 akan rendah.

Sementara untuk keadaan dimana ada benda bergerak, maka sinyal infra merah tersebut akan ditangkap oleh transistor Q1 dan bisa menyebabkan output pin pada IC 2 akan berpotensi tinggi yang menunjukkan adanya gerakan di sekitar sensor tersebut. Anda bisa juga menambahkan alarm seperti bell, suara atau bermacam-macam penanda yang bisa anda pasangkan pada rangkaian tersebut. Rangkaian sensor gerak ini memang dimaksudkan untuk mendeteksi gerak yang juga berguna sebagai alarm di rumah anda. Alat ini bisa mendeteksi setiap gerakan yang tertangkap. Untuk skala besarnya tentu saja untuk pengamanan di bank atau kantor yang tentu saja sering kita lihat di film-film aksi. Dan sekarang anda bisa membuatnya sendiri sesuai selera anda.

No Responses

Leave a Reply