Rangkaian Sensor Infrared

Rangkaian Sensor Infrared ini adalah sebagai sebuah sensor yang termasuk ke dalam kategori sensor optik. Pada umumnya rangkaian sensor infra red di dunia bisa bekerja secaraoptimal pada frekuensi sekitar 38,5 KHz. Kurva karakteristik pada rangkaian infra red tentu akan membandingkan antara frekuensi dengan jarak yang akan dicapai oleh rangkaian tersebut. Jika frekuensi berada di bawah puncak kurva atau melebih dari puncak kurva tersebut, maka jarak dari rangkaian yang bisa dicapai cukup pendek. Terdapat sekitar 2 metode utama dalam perancangan rangkaian pemancar sensor infra red. Cara itu adalah :

Metode langsung
Metode ini akan membuat rangaian infra red tersebut akan diberi bias seperti rangkaian led yang biasa.

Metode dengan cara pemberian pulsa
Metode ini mengacu pada bentuk kurva karakteristik dari rangkaian sensor infrared tersebut. Metode pemberian pulsa tersebut masih sangat rentan terhadap gangguan frekuensi dari luar. Oleh sebab tiu teknik modulasi akan sangat cocok untuk digunakan. Teknik ini akan menggunakan dua buah frekuensi yang berupa frekuensi untuk data dan juga frekuensi untuk pembawa pulsa tersebut. Teknik ini akan membuat komponen penerima bisa membaca data yang dikirimkan ke komponen tersebut.

Beberapa komponen yang biasa digunakan untuk komponen penerima tersebut adalah :

  • Modul penerima jadi yang juga dilengkapi dengan filter sebesar 38,5 Khz.
  • Photodioda atau biasa disebut phototransistor. Dimana anda harus membuat rangkaian tambahan dengan menggunakan rangkaian pembagi tegangan.

Berikut ini gambar skema rangkaian sensor infrared :

Rangkaian Sensor Infrared

Sementara untuk perangkat mikrikontroler, pastinya dibutuhkan keluaran yang pas. Disini dibutuhkan logika satu atau nol. Kondisi ini tentu harus dilengkapi dengan rangkaian komparator atau bisa juga ke rangakain transistor yang befungsi sebagai saklar. Jika memakain data dengan teknik modulasi, tentu saja data yang dikirim harus segera difilter. Tentu saja anda harus mendesain filter yang berfunsgi untuk membuang frekuensi iu.

Rangkaian sensor infra merah masuk ke dalam golongan sinar yang tak tampak. Anda bisa menggunakan spektroskop sinar yang akan menampilkan radiasi sinar infra merah pada spektrum gelombang elektromagnet. Untuk membuat rangkaian sensor infrared, ada beberapa komponen yang anda butuhkan. Diantaranya adalah :

  • IC LM 555
  • Resistor Variabel atau Trimport 10 K ohm
  • Resistor 10K, 470 ohm, 1K, 22K
  • Transistor 2N3904
  • Photodioda atau photo transistor.

Leave a Reply