Rangkaian Sensor Sederhana

Rangkaian Sensor Sederhana merupakan salah satu rangkaian sensor yang terdapat di dalam perangkat elektronik. Dan biasanya sering digunakan untuk perangkat yang membutuhkan gerakan dan juga beberapa kinerja untuk menggerakkan perangkat tersebut. Rangkaian sensor tersebut bisa berupa rangkaian sensor suhu, cahaya, gerak dan juga infra merah. Salah satu yang akan dibahas adalah rangkaian sensor sederhana infrared yang biasa digunakan untuk membuat rangkaian robot line follower. Pastinya dalam membuat rangkaian sensor Infrared atau biasa disebut rangkaian sensor proximity ini, dibutuhkan beberapa komponen seperti infrared itu sendiri yang akan berfungsi sebagai sumber cahaya atau biasa disebut light Source dan juga sebuah photodioda yang akan bertindak sebagai sensor cahaya Photodetector.

Rangkaian Sensor Sederhana

Gambar Skema Rangkaian Sensor Sederhana

Di dalam rangkaian sensor sederhana ini, biasa akan dipakai di berbagai macam aplikasi yang tentu saja bisa membantu anda. Seperti contohnya biasa digunakan sebagai sensor pembaca garis pada aplikasi atau rangkaian robot Line follower yang tentunya sudah sering anda temui. Apalagi prinsip kerja dari rangkaian sensor proximity sederhana sendiri cukup mudah dengan hanya mengikuti garis. Dan cara kerjanya adalah komponen Photodioda akan digunakan sebagai sensor cahaya dimana komponen sensor infrared tersebut yang akan bertindak sebagai sumber cahaya. Ketika komponen Infrared akan ditembakkan pada garis warna putih, maka cahaya akan langsung dipantulkan menuju ke sensor photodioda yang menerima pantulan tersebut. komponen sensor Photodioda yang menerima panutulan cahaya tersebut, akan memiliki nilai resistansi yang cukup rendah sehingga menghasilkan tegangan yang besar.

Sementara jika komponen Infared diarahkan ke garis warna hitam, maka cahaya dipantulkan berbeda dengan warna putih. Pantulan cahaya akan sedikit yang akan diterima oleh komponen photodioda. Praktis membuat intensitas cahaya yang diterima oleh komponen sensor photodioda tersebut akan memiliki nilai resistansi yang tinggi. Dan tentunya membuat tegangan output juga tinggi. Perubahan besaran tegangan inilah yang akand igunakan sebagai masukan pada komponen Mikrokontroler atau uC di dalam rangkaian sensor tersebut. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian sensor sederhana, semoga rangkaian ini nantinya dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca.

Leave a Reply