Rangkaian Sensor Ultrasonik

Rangkaian Sensor Ultrasonik merupakan rangkaian yang menggunakan gelombang dengan frekuensi gelombang diatas gelombang suara dimana lebih dari 20 KHz. Rangkaian sensor ultrasonik sendiri terdiri dari rangkaian pemancar ultrasonik atau biasa disebut dengan rangkaian transmitter dan juga receiver yang bertugas menerima sinyal. Sinyal ultrasonik sendiri akan dipancarkan dari transmitter. Ketika sinyal mengenai sebuah benda, sinyal tersebut akan langsung dipantulkan dan langsung diterima oleh receiver. Sinyal tersebut akan dikirimkan oleh receiver ke rangkaian mikrokontroler.

Rangkaian Sensor Ultrasonik

Cara kerja dari rangkaian sensor ultrasonik adalah :

Sinyal akan dipancarkan oleh rangkaian pemancar ultrasonic atau transmitter. Sinyal tersebut sendiri memiliki frekuensi diatas 20 kHz. Sinyal ini akan di bangkitkan oleh transmitter. Sinyal tersebut akan merambat dengan kecepatan bunyi yang berada di kisaran 340 m/s. Sinyal ini akan dipantulkan dan langsung diterima oleh reciever. Setelah sampai di receiver, sinyal akan diproses dengan menggunakan rumus :

S = 340.t/2

S : jarak antara transmitter dan bidang pantul
t : selisih waktu antara gelombang ultrasonik ketika diterima.

PEMANCAR ULTRASONIK (TRANSMITTER)
Transmitter ini merupakan rangkaian yang bertugas untuk memancarkan sinyal sinusoidal dengan menggunakan transducer transmitter ultrasonik

PENERIMA ULTRASONIK (RECEIVER)
Rangkaian Penerima Ultrasonik atau biasa disebut receiver ini bertugas menerima sinyal ultrasonik yang dipancarkan transmitter. Sinyal tersebut akan diterima dengan melalui proses filterisasi frekuensi yang menggunakan rangkaian band pass filter atau biasa disebut rangkaian penyaring pelewat pita, dengan besaran frekuensi yang telah ditentukan. Sinyal output tersebut akan dikuatkan ke rangkaian komparator yang besaran frekuensinya telah ditetapkan.

Sinyal yang diterima oleh receiver akan melalui rangkaian transistor penguat Q2. Lalu sinyal akan di filter oleh High pass filter dengan kisaran frekuensi > 40kHz. Setelah itu sinyal akan diarahkan oleh rangkaian dioda D1 dan juga diode D2. Sinyal akan dialirkan ke filter low pass filter di frekuensi < 40kHz ( C4 dan R4 ). Lalu sinyal akan mengalir ke komparator Op Amp.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian sensor ultrasonik, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Multivibrator, Rangkaian AVR, Rangkaian Mesin Motor dan Rangkaian Lampu Blitz.

Leave a Reply