Rangkaian Seri Paralel

Rangkaian Seri Paralel sendiri adalah rangkaian yang dipasang secara seri dan paralel di dalam perangkat elektronik. Dalam artian rangkaian seri ini memiliki 2 susunan rangakaian di dalam 1 rangkaian tersebut. Dan kedua rangkaian ini memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Untuk rangkaian seri sendiri merupakan rangakian yang memiliki rangkaian dimana sumber tegangan akan mengalir melalui cabang yang sama atau satu cabang saja. Dan rangkaian seri ini memiliki kelemahan di dalam percabangan tersebut. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan, tentu akan berakibat dengan cabang lainnya. Sedangkan untuk sifat dari rangkaian seri ini adalah arus yang mengalir di dalam rangkaian tersebut akan mengalir di satu jalur saja.

Rangkaian Seri Paralel

Sementara untuk rangkaian paralel, memiliki sifat yang berbeda jauh dengan rangkaian seri paralel. Rangkaian paralel ini memiliki bentuk dimana komponen akan disusun secara berjajar dan memiliki beberapa cabang didalamnya. Dan kelebihannya adalah rangkaian tersebut akan memiliki besaran arus yang sama besar di setiap cabang. Bahkan cabang yang satu dengan yang lain tidak saling menganggu. Kelebihannya adalah ketika salah satu cabang komponen mengalami kerusakan, aliran arus di dalam rangkaian tersebut akan tetap menyala dan berjalan.

Dan aturan dan perhitungan antara rangkaian seri dan paralel juga berbeda. Namun ketika kedua rangkaian tersebut digabungkan, tentu saja perhitungan dalam rangkaian tersebut jelas berbeda. Tentunya anda harus melihat serta menentukan terlebih dahulu bagian mada yang berada di dalam rangkaian atau perangkat elektronik tersebut yang masuk ke dalam kategori rangkaian seri dan juga mana yang masuk ke dalam rangkaian paralel. Hal ini bisa dilihat dengan cara melihat aliran arus di cabang itu. Dan setelah didapatkan mana yang rangkaian seri mana yang paralel, anda tinggal melakukan perhitungan menurut rumus masing-masing rangkaian tersebut. Setelah memperoleh hitungan dari masing-masing rangkaian, tentu saja lihat susunan dari rangkaian tersebut dengan menggambar ulang namun kedua rangkaian baik seri dan paralel diganti menjadi nilai besaran total dari masing-masing rangkaian. Setelah itu anda bisa melakukan perhitungan dengan melihat rangkaian tersebut apakah seri atau paralel. Demikian sedikit pengertian rangkaian seri paralel yang bisa membantu anda.

Leave a Reply