Rangkaian Seri Resistor

Rangkaian Seri Resistor memiliki arti sebagai rangkaian resistor yang dipasang atau juga diletakkan secara seri dengan masing-masing resistor diletakkan secara berderet antara resistor yang satu dengan resistor lainnya. Di dalam rangkaian seri ini, setiap resistor akan mempunyai cabang yang saling berhubungan langsung dan mempunyai 1 cabang saja di dalam rangakain tersebut. Dan cabang ini yang menghubungkan antara resistor yang satu dengan resistor lainnya dimana memiliki sumber tegangan atau input serta keluaran atau output yag sama. Rangkaian seri resistor ini memang akan disusun dan juga dipasang dengan cara yang lebih sederhana dibandingkan dengan rangkaian resistor paralel yang membutuhkan kabel yang cukup panjang untuk mengatur cabangnya. Dan dari segi dana, rangakaian ini cukup murah.

Anda bisa mencari beberapa informasi mengenai gambar dari rangkaian resistor seri tersebut. Di rangkaian ini arus akan mengalir pada komponan resistor yang saling terhubung di 1 cabang saja. Dan besaran atau nilai dari tegangan yang berada di resistor tersebut akan sama di setiap komponan. Mengapa demikian ? Pasalnya nilai besaran dari input atau juga masukan dari rangkaian tersebut akan memiliki nilai yang sama dengan hasil output yang keluar dari rangkaian ini.

Gambar Skema Rangkaian Seri Resistor

Rangkaian Seri Resistor

Pada skema atau juga gambar rangkaian seri resistro diatas, semua komponen resistor ini akan disusun secara seri atau berjajar di dalam rangkaian tersebut. Dan untuk mengetahui cara perhitungan rumus dari rangkaian seri resistor ini:

Rs = R1= R2 = R3 = ….

Tentunya akan diketahui bahwa nilai dari resistor R1 akan sama dengan nilai dari komponen rersistor R2. Sementara jumlah hambatan total atau Rs akan mempunyai besaran yang sama dengan nilai hambatan R1. Rangkaian seri resistor memiliki kelemahan dimana jika salah satu resistor mengalami kerusakan dan juga gangguan serta dilepas dari rangkaian, maka akan berpengaruh kepada aliran arus di dalam rangkaian seri resistor ini yang akan terputus. Hal ini disebabkan putusnya resistor yang ada di dalam rangkaian.

Leave a Reply