Rangkaian Seri RLC

Rangkaian Seri RLC merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari resistor, induktor dan juga kapasitor yang disusun secara seri atau juga paralel di dalam satu rangkaian. Rangkaian RLC seri ini disimbolkan untuk rangkaian aliran listrik ketahanan, induktansi, dan juga kapasitansi yang tentu saja disusun secara seri. Rangkaian RLC memang bisa digabung secara seri dan paralel atau juga dikombinasikan keduanya.

Rangkaian Seri RLC

Gambar diatas merupakan rangkaian Seri RLC yang disusun secara seri atau berderet. Rangkaian RLC yang disusun seri ini dihantarkan oleh arus listrik AC atau searah dimana setiap kompnen akan menerima besaran tegangan yang sama. Arus AC tersebut pada simbol simbol R, L dan juga C akan mendapatkan hambatan pada komponen tersebut. Dalam hambatan tersebut akan dihasilkan Impedansi dengan simbol Z. Dan Impedansi atau Z tersebut merupakan proses penggabungan dari simbol R, L dan C.

Tiga buah elemen penting di dalam rangkaian RLC ini bisa dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan output daya yang diinginkan. Baik resistor, induktor dan kapasitor ini bisa dimasukkan ke dalam rangkaian seri atau paralel yang tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Tidak jarang rangkaian RCL ini bisa juga menggabungkan baik Seri atau paralel yang biasa terdapat di beberapa rangkaian listrik seperi lampu LED. Apalagi kedua jenis dan tipe rangkaian ini sangat mudah untuk dianalisa dan dihitung besarannya.

Untuk menghitung Impedansi Rangkaian digunakan rumus :

Rumus Rangkaian Seri RLC

Sementara untuk mengukur tegangan efektif rangkaian digunakan rumus :

Rumus Tegangan EfektifSedangkan untuk mengukur sudut fase pada rangkaian digunakan rumus :

Rumus Sudut Fase

Penerapan rumus-rumus tersebut tentu sangat mudah dan gampang. Pengaplikasiannya tentu saja disesuaikan rangkaian dan juga besaran dari RLC tersebut. Rangkaian RLC seri dan paralel memang rangkaian sederhana di dunia eletronika yang mudah untuk dianalisa dan dihitung. Semoga artikel mengenai rangkaian seri RLC ini bisa membantu anda untuk lebih mengerti dan mengetahui dunia eletronika tentang rangkaian RLC yang sering menjadi komponen penting dalam sebuah perangkat elektronik.

Leave a Reply