Rangkaian Seri

Rangkaian Seri adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar atupun seri. Rangkaian listrik seri memiliki input yang dimana suatu komponen berasal dari output komponen lainnya. Itulah mengapa, rangkaian listrik seri dapat menghemat biaya (digunakan sedikit kabel penghubung).

Cara kerja dari Rangkaian Seri ialah dapat membagi arus yang dihasilkan dari komponen lainnya. Apabila terdapat 3 buah rangkaian yang disusun secara seri, maka tegangan yang dihasilkan dari proses tersebut dapat mengurangi pemakaian tegangan.

Selain memiliki kelebihan, rangkaian yang disusun secara seri juga memiliki kelemahan, yaitu jika salah satu komponen dimatikan atau rusak, maka komponen yang lainnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Contohnya adalah tiga bola lampu dirangkai seri, maka input dari lampu satu akan mengalirkan output lampu lainnya. Rangkaian ini juga bisa disusun dalam posisi diagonal, fungsinya untuk memahami dalam pembacaan gambar. Berikut ini kami tampilkan contoh dari Rangkaian Seri.

Rangkaian Seri

Gambar Skema Rangkaian Seri

Pada gambar diatas, dapat kita simpulkan rangkaian yang disusun secara seri maka dapat diperoleh nilai resistor totalnya dengan cara menjumlahkan semua resistor yang kita susun secara seri tersebut. Hal ini juga dapat mengacu pada pengertian bahwa nilai kuat arus disemua titik pada rangkaian seri selalu sama. Persamaan ini juga berlaku untuk setiap jumlah hambatan listrik seri, tidak hanya pada gambar diatas saja.

Arus yang sama akan tetap mengalir bila satu resistor tunggal mempunyai hambatan yang sama dengan jumlah hambatan resistor lainnya. Hambatan seperti itu disebut hambatan ekivalen rangkaian. Untuk hambatan seri, hambatan ekivalen sama dengan jumlah seluruh hambatan yang dihubungkan seri. Di dunia elektronika, hanya ada dua macam susunan rangkaian listrik, yaitu rangkaian yang di susunan seri dan rangkaian yang di susun paralel. Jika terdapat tahan resistor yang seragam dalam suatu rangkaian, cara penyusunan resistornya pun akan mempengaruhi nilai tahanan total yang kita proleh.

Kita harus memperhatikan dalam menggunakan rangkaian seri adalah resistansi total dari dua atau lebih resistor yang dihubungkan bersama-sama secara seri akan selalu lebih besar dari pada nilai resistor dalam rantai. Itulah penjelasa singkat tentang Rangkaian Seri dan cara penggunaannya sebagai mana mestinya, semoga rangkaian tersebut bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga artikel elektronika kami lainnya, seperti Rangkaian Lampu LED, Rangkaian Inverter dan Rangkaian Flip Flop.

Leave a Reply