Rangkaian Setrum Ikan

Rangkaian setrum ikan biasanya digunakan untuk memancing dan mengambil ikan di sungai atau juga laut. Namun penggunaan rangkaian tersebut sebenarnya harus mendapat ijin. Bahkan di beberapa tempat sudah dilarang. Pasalnya kegiatan memancing menggunakan rangkaian strum ikan bisa berbahaya. Bisa kepada ikan itu sendiri dan juga pengguna. Pasalnya rangkaian strum ikan menggunakan tegangan yang cukup tinggi. Dan artikel mengenai rangkaian setrum ikan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang elektronik. Diharapkan juga pengetahuan tersebut tidak digunakan untuk menangkap ikan secara ilegal yang bisa berbahaya.

Prinsip dan skema dari rangakain strum ikan ini sangat simpel dan mudah. Sistem kerjanya adalah mengubah tegangan rendah menjadi tegangan tinggi dengan menggunakan prinsip trafo atau transformator yang memang berfungsi untuk mengubah tegangan tersebut.

Rangkaian Setrum Ikan

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat rangkaian strum ikan, bisa menggunakan skema atau gambar rangkaian tersebut. Berikut beberapa keterangan yang terdapat pada gambar :

Aki 12 v
Sk : saklar
Kontak platina
C : condenser
Tangkai platina
L1 : kumparan primer
L2 : kumparan sekunder
Inti kumparan
U1 : batang tembaga
U2 : jaring ikan

Untuk memulai membuat rangkaian strum ikan, anda rangkai terlebih dahulu kumparan atau biasa disebut coil. Namun harap diperhatikan ketika anda ingin membuat kumparan tersebut. Kerapian pada gulungan di kumparan harus benar-benar rapi agar menghasilkan daya yang sempurna. Gulung kawat email pada inti besi lunak. Namun sebelumnya lapisi terlebih dahulu inti besi lunak tersebut dengan plastik mika atau kertas semen. Gulung kawat email tersebut hingga 3 lapis. Dan ujung dari kawat tersebut menjadi kumparan primer. Sementara untuk kumparan sekunder, lakukan seperti anda membuat kumparan primer. Namun gulungannya lebih dari kumparan primer hingga 5 sampai 6 lapis. Dan ujung kumparan tersebut berfungsi sebagai kumparan sekunder. Perhatikan ketika anda menggulung. Pastikan bahwa gulungan tersebut harus rapi. Setelah selesai membuat kumparan, pasang dan rakit komponen sesuai dengan gambar diatas. Ketika sudah jadi, cobalah dengan lampu terlebih dahulu. Jika sudah menyala dengan baik, rangkaian setrum ikan bisa anda gunakan. Namun harap hati-hati dalam pengoperasiannya.

Leave a Reply