Rangkaian Seven Segment

Rangkaian Seven Segment adalah sebuah rangkaian yang biasanya menampilkan angka-angka desimal dan juga heksa desimal ke dalam sebuah display. Light Emitting Diode atau biasa disingkat LED menjadi salah satu komponen yang terdapat di dalam rangkaian ini untuk menampilkan display dari seven segment ini. Biasanya terdapat sekitar 7 buah lampu LED yang digunakan dalam rangkaian tersebut. Dan LED ini biasanya akan menampilkan sebuah angka heksa desimal yang dialirkan menggunakan komponen dalam rangkaian seven Segment ini.

Tujuh sinyal input dibutuhkan oleh rangkaian seven segment ini untuk mengendalikan diode-diode yang terdapat di dalam rangkaian tersebut. Setiap diode yang terdapat disini membutuhkan input yang berbeda-beda tergantung dari jenis diodenya. Bisa input tinggi (High) atau input rendah (Low). Semuanya bergantung kepada sinyal di diode tersebut. Untuk sinyal tinggi atau High, diode dengan tipe common cathode yang membutuhkan sinyal tersebut. Sementara untuk sinyal rendang atau Low, diode dengan tipe common annide yang membutuhkan sinyal tersebut.

Rangkaian Seven Segmen

Seven segment decoder dibutuhkan di dalam rangkaian ini untuk menghasilkan sinyal pengendali dari seven segment display tersebut. Komponen ini membutuhkan 4 input data untuk mengubah atau menterjemahkannya ke dalam sinyal-sinyal seven segment display dalam wujud angka heksa desimal. Dan setiap sinyal tersebut akan mengendalikan ketujuh LED yang terdapat di dalam rangkaian seven segment tersebut. Skema gambar diatas merupakan contoh rangkaian seven segment yang menggunakan diode common cathode yang membutuhkan sinyal High atau tinggi.

Seven segment decoder ini memiliki bentuk 7 output yang memiliki fungsi masing-masing. Hasil output tersebut akan mendapatkan 7 fungsi Boolean dari a sampai g yang pemetaannya sebagai berikut :

Seven segment decoder

Sementara untuk pengimplementasiannya fungsi tersebut jika menggunakan sistem terpisah, tentunya akan membutuhkan sekitar 34 AND dan juga 7 OR yang tertera pada gambar berikut ini :

34 AND

 

7 OR

Untuk penerapan yang lebih sederhana lagi dengan menggabungkan beberapa term dari fungsi a hingga g diatas, maka gerbang yang akan digunakan adalah :

Gerbang Seven Segmen

Demikian sedikit informasi dan berbagi ilmu mengenai rangkaian seven segment yang bisa menambah pengetahuan anda semua.

Leave a Reply