Rangkaian Strobo LED

Rangkaian Strobo LED ini biasanya dipakai oleh para polisi atau mobil-mobil ambulans serta pemadam kebakaran. Dan biasanya orang awam akan sedikit asing dengan nama lampu strobo. Biasanya lampu kerlap kerlip polisi yang diketahui. Memang lanpu strobo LED ini merupakan rangkaian Lampu Mobil Polisi. Dan pastinya anda sudah pernah dan juga seing melihat serta menemukan mobil polisi, entah bertemu secara langsung dan tidak sengaja atau juga saat menikmati film dan juga televisi.

Mobil polisi memang mempunyai lampu khas yang biasanya diletakkan di bagian roof panel atau atas atap mobil ketika sedang melakukan pengejaran sedang terjadi. Jika hal tersebut terjadi maka lampu akan menyala berkedip-kedip, dan sirine yang terdapat di dalamnya akan berbunyi nyaring. Tentu saja dengan sinyal atau nyala lampu yang berkedip-kedip ini, akan sangat menyita perhatian orang, dan mungkin termasuk juga Anda. Namun sebenarnya lampu ini bisa anda Anda miliki dengan cara lebih mudah, tidak perlu menjadi polisi atau membelinya. Anda bisa merangkai perangkat elektronik ini sendiri.

Rangkaian Strobo LED

Di dalam rangkaian lampu strobo atau Mobil Polisi dengan menggunakan LED ini, tentunya tidak sulit untuk anda rangkaia. Sangat mudah untuk membuat rangkaian-rangkaian lampu strobo tersebut. Apalagi beberapa komponen bisa didapatkan dengan mudah. Rangkaian strobo LED ini biasanya digunakan untuk melakukan simulasi lampu mobil polisi dimana pada bagian lampunya menyala berkedip secara bergantian yang akan terlihat seperti mobil polisi.

Komponen IC1a akan menjadi osilator gelombang persegi yang mempunyai frekuensi dimana akan disesuaikan dengan besaran VR1 untuk memberikan efek yang baik. Sementara gelombang persegi merupakan buffer untuk komponen IC1B yang nantinya akan berfungsi untuk mendorong komponen IC2. Sedangkan Output atau keluaran dari Q0/Q2 dan juga Q7/Q9 akan membuat pertukaran pulsa ganda. Komponen C2 dan C3 bersama R3 dan R5 akan membedakan waktu pulsa didalam conjuction dengan output dari driver IC1C dan juga IC1f. Hal ini bisa menghasilkan pulsa pendek sekitar 30 ms yang bisa meningkatkan efek berkedip dan juag menambah ilusi. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian strobo LED.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian LED Strobo | Rangkaian Elektronika December 17, 2013

Leave a Reply