Rangkaian Subwoofer

Rangkaian Subwoofer merupakan rangkaian elektronika yang cara kerjanya hampir sama dengan speaker atau pengeras suara. Rangkaian subwoofer adalah speaker khusus yang banyak orang gunakan untuk mengalirkan low frekuensi atau pun suara. Subwoofer sangat penting dalam kehidupan sehari hari, itu pun tergantung dari kegunaan subwofer dalam cara pemakaiannya.

Subwoofer adalah sejenis perangkat pengeras suara yang berbentuk kerucut dan di gunakan untuk mendengarkan suara musik baik frekuensi rendah maupun frekuensi tinggi. Biasanya kebanyakan dari subwoofer di gunakan untuk frekuensi audio bernada rendah atau bass. Batas frekuensi yang biasa di gunakan dalam subwoofer berkisar antara 20-200 Hz. Jadi tidak semua gelombang frekuensi bisa di dengar oleh manusia.

Rangkaian Subwoofer

Gambar Skema Rangkaian Subwoofer

Suara yang di hasilkan dari sebuah subwoofer harus dapat memenuhi standar kemampuan pendengar jangan sampai terlalu keras ataupun nyaring, untuk itu di perlukan adanya sebuah speaker yang di gunakan untuk mengalirkan frekuensi suara. Namun speaker juga memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk dapat menghasilkan sebuah frekuensi yang standard.

Pembuatan rangkaian subwoofer adalah untuk menambahkan rentan sebuah frekuensi pengeras suara yang mencakup pita frekuensi yang lebih tinggi. Di dalam subwoofer terdapat satu ataupun lebih transduser pengeras suara yang mampu menghentikan tekanan udara pada saat melawan deformasi.

Speaker yang akan di gunakan dalam rangkaian subwoofer sangat bermacam-macam, pertama di kenal dengan speaker yang mempunyai kemampuan kerja di kisaran 3500 Hz sampai dengan 20 KHz. Yang kedua di kenal dengan Midrange berada di kisaran frekuensi 350 Hz sampai 4500 Hz. Ketiga adalah Midwoofer yang mampu menggunakan frekuensi sebesar 80 – 350 Hz, dan yang terakhir adalah jenis subwoofer yang mampu memproduksi suara di bawah 40 Hz.

Bentuk desain dari rangkaian subwoofer sangat banyak sekali, yang paling banyak di gunakan diantara desain yang lain adalah reflek bass (dengan radiator pasif). Dalam desain ini tanpa batas penyekat, klakson, desain brandpass, pita lebar, ukuran yang sedang atau tidak terlalu besar dan umumnya adalah biaya yang sangat murah. Subwoofer ini juga memiliki transduser yang di dukung langsung oleh perangkat luar.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian subwoofer, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang mambaca. Kami juga menyediakan artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Power Amplifier, Rangkaian Jam Digital dan Rangkaian Adaptor.

No Responses

Leave a Reply