Rangkaian Termometer Digital

Rangkaian Termometer Digital atau dengan menggunakan Microcontroller merupakan rangkaian thermometer digital yang dibagun dengan microcontroller AT89C4051. Dengan menggunakan rangkaian dapat mengukur temperatur suatu objek atau ruangan dengan range temperatur 0 hingga 100.0 0C. Selain itu, rangkaian ini juga menggunakan temperatur yang berupa IC LM35. Thermometer digital ini juga dapat beroperasi dalam mode pengukuran suhu dalam celcius (0C), serta pula menggunakan pengolah data berupa mikrokontroler AT89C4051. Sedangkan untuk sensor suhu yang digunakan pada rangkaian ini yaitu dengan menggunakan sensor suhu LM35D.

Pada sistem penampil datanya, rangkaian elektronika ini telah menggunakan penampil data pengukuran suhu dengan tampilan LCD 1 baris, dengan menampilkan data pengukuran suhu dengan resolusi 0.1 0C. Pada rangkaian termometer digital dengan menggunakan pengukuran sensor suhu LM35D tersebut (level tegangan) kemudian diubah menjadi data bilangan biner 4 bit dengan menggunakan ADC CA3162. Setelah itu, data 4 bit tersebut di oleh oleh mikrokontroler AT89C4951 sehingga menjadi suatu operasi pengukuran suhu yang sesuai engan kaidah dari thermometer digital.

Gambar Skema Rangkaian Termometer Digital

Rangkaian Termometer Digital

Untuk tahap terakhir pada rangkaian dari thermometer ini adalah penampilan data digital dengan pengukuran suhu dengan menggunakan penampil data berupa LCD 1 baris. Pada sirkuit termometer, dioda (1S1588) atau sensor (S8100) digunakan sebagai sensor termo, sedangkan apabila menggunakan IC sensor termo, thermometry ke +100 0C dari -40 0C adalah mungkin. Untuk rangkaian termometer digital ini menggunakan sirkuit dioda sebagai sensor thermo untuk mengukur lebih 100 0C. ICL7136 digunakan sebagai termometer serta mengukur perubahan tegangan pada menit arah maju dioda dengan suhu.

Untuk angka 3 hingga 1/2 liquid crystal display (SP521PR) digunakan sebagai layar, dengan angka yang paling signifikan dapat menampilkan hanya angka “1”. Untuk konsumsi daya listrik dari ICL 7136 sangatlah kecil dan memungkinkan untuk beroperasi selama kurang lebih 3 bualan secara terus-menerus dengan sel 9-V. Apabila menggunakan pasokan 5-V listrik, dengan resistor sebanyak 10K-Ohm maka harus dimasukkan kedalam seri untuk mencegah adanya arus listrik besar yang mengalirkedalam kasus sirkuit pendek. Demikian sedikit info mengenai rangkaian termometer digital, dan semoga bermanfaat bagi Anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Soft Start, Rangkaian Lampu Mobil, Konsep Rangkaian Listrik dan Rangkaian Penguat Bass.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Induktor | Rangkaian Elektronika January 20, 2014

Leave a Reply