Rangkaian Timer Digital

Rangkaian Timer Digital merupakan salah rangkaian sederhana yang berfungsi untuk menunjukkan dan juga sebagai penanda waktu. Di dunia eletronika, rangkaian timer digital ini memang cukup mudah untuk dibuat dan diaplikasikan. Dan system kerjanya sendiri sudah sering anda temukan di jam tangan digital. Anda sendiri bisa membuat dan juga merangkai timer digital tersebut. Dan biasanya rangkaian timer digital ini menggunakan komponen IC LM 555 dan juga transistor.

Gambar Skema Rangkaian Timer Digital

Rangkaian Timer Digital

Di dalam rangkaian atau skema timer digital ini, terdapat rangkaian timer sederhana yang menggunakan komponen transistor di dalamnya. Untuk melakukan perhitungan atau rumusnya sendiri, nilai transistor akan didapatkan dengan 1 / ( nilai transistor x nilai kapasitor ) yang memiliki symbol t = 1/RC. Fungsi dari komponen transistor di dalam rangkaian tersebut adalah berfungsi sebagai saklar. Dan komponen serta bahan yang digunakan di dalam rangkaian timer digital ini adalah :

– Komponen Transistor BC 546 atau symbol Q ( 2 buah )
– Komponen Potensiometer 50 k – R var ( 2 buah )
– Komponen Resistor ½ W 1 k – R – ( 1 buah )
– Komponen Capastior 100 uF 10 V ( 2 buah )
– Komponen LED 0.5 mm ( 1 buah )
– Baterai 1.5V ( 2 buah )

Sementara cara kerja dari rangkaian timer digital ini adalah rangkaian timer akan melakukan pengisian dan juga akang mengosongkan di komponen kapasitor pada basis kedua di dalam rangkaian transistor. Untuk menentukan durasi pengisian dan pengosongan di komponen kapasitor, diatur oleh arus yang melintas di komponen resistor ke arah kapasitor yang dilewatkan ke potensiometer. Terdapat sekitar 2 buah rangkaian yang di buat dengan menggunakan besaran dan bentuk yang sama yang difungsikan untuk melakukan pergantian dalam proses pengerjaan tersebut. Untuk melihat dan membuktikan mengenai kinerja rangkaian tersebut apakah berjalan dengan baik, bisa dengan cara melihat LED yang menyala dan mati bergantian.

Leave a Reply