Rangkaian Trafo

Rangkaian Trafo atau biasa disebut transformator ini memang banyak digunakan dalam ilmu teknik elektronika. Sementara di dalam sistem komunikasi, rangkaian transformator ini biasanya dipergunakan pada rentang frekuensi audio hingga ke frekuensi radio dan video, yang memiliki fungsi lainnya. Memang tidak jarang di dalam setiap peralatan atau perangkat elektronika yang didesain atau dirancang dari beberapa rangkaian elektronika memang selalu menggunakan perangkat trafo atau disebut transformator.  Sementara apa yang dimaksud oleh trafo adalah alat yang memiliki bentuk berupa gulungan kawat yang bertugas atau berfungsi untuk memindahkan tenaga dan juga tegangan dari area input ke area output.

Rangkaian Trafo

Sementara fungsi dari rangkaian trafo itu sendiri memiliki banyak fungsi yang tentu saja akan berbeda di dalam rangkaian elektronika. Dan trafo di dunia elektronik juga memiliki sistem yang berbeda dengan trafo yang digunakan untuk keperluan teknik listrik.  Trafo di dalam rangakaian elektronika atau untuk keperluan rangkaian elektrik ini berbentuk kecil dan juga memiliki arus yang juga kecil. Tidak terkecuali trafo input dan juga outpunya. Sementara trafo pada rangkaian di teknik listrik, bentuknya memang hampir sama namun fungsi dari trafo yang berbeda. Trafo disini memiliki tegangan yang jauh lebih tinggi di bandingkan trafo rangkaian elektronika.  Namun skema serta gambarnya memiliki tampilan yang sama, semuanya berlaku untuk trafo arus tinggi dan arus rendah serta arus sedang dan juga trafo step down.

Simbol Tr atau OT biasanya digunakan untuk menggambarkan bentuk dari rangkaian trafo tersebut. Simbo OT menggambarkan output trafo dan simbol IT menggambarkan input trafo.  Jenis komponen trafo ini sangat bervariasi.  Semuanya disesuaikan dengan fungsi dan juga kegunaan masing-masing dari trafo. Jenis-jenis trafo adalah:

  • Trafo step up dan juga step down untuk menaikkan atau menurunkan tegangan.
  • Trafo adaptor yang berfungsi untuk mengubah tegangan dari AC ke DC.
  • Trafo IF atau trafo frekuensi menengah untuk penguat frekuensi pada radio.
  • Trafo OT atau Out Put digunakan pada rangkaian penguat.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian trafo, semoga rangkaian kali ini berguna dan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply