Rangkaian USB

Rangkaian USB yang juga memiliki kepanjangan Universal Serial Bus ini adalah ide dari para perusahaan besar di dunia komputer yaitu Compaq, IBM, Intel, DELL, Microsoft, dan juga NEC serta Northern Telecom. Ide ini tentu saja untuk mencari penemuan bau guna menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat eksternal. Dan ide ini yang kemudian menghasilkan Universal Serial Bus atau biasa disebut USB. Kemampuan dari rangkaian USB ini tentu saja sangat mudah untuk dihubungkan ke komputer. USB ini tentu saja tidak perlu membongkar atau memasang perangkat lain di komputer.

Konektor USB ini juga memiliki bentuk yang sama persis. Dimana hanya ada dua bentuk tipe socket. Arti dari Hot plugable adalah bahwa rangkaian USB bisa dihubungkan ke komputer ketika dalam keadaan hidup. Dan sebutan Plug and Play Sendiri menuju kepada kemudahan rangkaian USB in untuk digunakan. Ketika USB tersambung ke dalam komputer, Perangkat komputer tersebut akan langsung memproses data yang terdapat di dalam USB ini berkat bantuan driver. Kecepatan transfer data dari USB sendiri bsia mencapai 12 Mbps. Dalam 1 port USB tersebut, dapat dihubungkan dengan hampir 127 perangkat.

Rangkaian USB

Sementara untuk Konstruksi Port USB ini, terdapat 2 macam konektor saja. Untuk type A biasanya dipakai untuk menghubungkan kabel USB ke terminal USB. Dan biasanya digunakan pada bagian belakang dari perangkat komputer. Sedangkan untuk type B, biasanya dipakai menghubungkan perangkat yang kecil seperti mouse, keyboard dan flash disk. Dan biasanya cukup menghemat kabel. Tentu saja rangkaian USB tidak bisa menggunakan sembarang kabel. Apalagi dengan kecepatan hampir 1.2 Mega bps. Biasanya kabel yang satu akan terhubung pada konektor type A dan yang satunya lagi di konektor type B. Pada komputer sendiri terdapat 2 buah terminal konektor type A. Sementara jika ingin menggunakan lebih dari 2, biasanya ditambahkan Terminal USB yang dinamakan ‘Root Hub’. Biasanya satu terminal USB “Root Hub ini dibagi menjadi empat.

Leave a Reply