Rangkaian Voltmeter Digital

Rangkaian Voltmeter Digital sederhana biasanya menggunakan 3 digit DC dimana memiliki tingkat keakuratan hingga 0,1 volt. Pengukuran tegangan tersebut bisa mencapai maksimal hingga 30 volt. Biasanya rangkaian ini akan diaplikasikan untuk keperluan mengukur dari besaran tegangan dari perangkat elektronik Seperti power supply yang menggunakan tegangan variabel. Tentu saja rangkaian Voltmeter sangat berfungsi yang tentu saja bisa melakukan pengetesan dan juga display besaran daya secara langsung.

Untuk membuat rangkaian Voltmeter digital ini, cukup dengan mengeluarkan biaya yg cukup murah untuk sekali membuat rangkaian ini. Apalagi bagi yang sudah sering dalam membuat rangkaian elektronik dan juga sering memakai IC programming. Jika baru pertama kali membuat rangkaian voltmeter digital ini dengan menggunakan IC Programming, dapat dipastikan akan menelan biaya yang cukup mahal. Pasalnya harus memogram IC tersebut.

Gambar Skema Rangkaian Voltmeter Digital

Rangkaian Voltmeter Digital

Dengan memakai komponen IC programming PIC16F676 dimana menjadi salah satu IC programming yang bisa ditulis dan juga dihapus secara berulang-ulang, tentu saja sangat membantu. Rangkaian voltmeter digital ini tentunya diwajibkan menggunakan power supply sebagai tegangan utama dan sumber daya. Anda bisa memakai rangkaian power supply seperti komponan IC regulator 7805. Untuk kalibrasi, diperlukan digital multitester sebagai referensi dari rangklaian ini atau bisa juga memakai 2 buah IC regulator 7805 dan juga 7809 serta 7812 untuk tegangan. Masukkan input Voltmeter Digital ke masing-masing output dari komponen IC regulator tersebut secara bergantian dan juga lakukan kalibrasi trimpot hingga 7 segment yang akan menunjukkan angka sesuai dengan hasil keluaran atau output tegangan IC regulator tersebut. Beberapa komponen yang bisa anda gunakan :

– IC PIC16F676
– Tr BC 557
– 7 Segmen
– Trimpot 50 K – Multiturn
– PCB

No Responses

  1. Pingback: Fungsi Resistor | Rangkaian Elektronika December 16, 2013
  2. Pingback: Rangkaian Lampu Disco | Rangkaian Elektronika December 18, 2013

Leave a Reply