Rangkaian Waktu Tunda

Rangkaian Waktu Tunda. Pengukuran waktu tunda pada sinyal pengukuran sering menjadi hal yang penting dalam keakuratan suatu pengukuran. Selama ini masih banyak digunakan pengukuran secara manual (langsung pada grafik sinyal) untuk mendapatkan waktu tunda.

Rangkaian Waktu Tunda ini berguna untuk beralih pada beban AC seperti lampu setelah penundaan tiga menit. Ini melindungi beban dari lonjakan arus dan transien pada daya yang dapat merusak perangkat.

Gambar Skema Rangkaian Waktu Tunda

Rangkaian Waktu Tunda

Daftar komponen :

Resistor
R1 = 1.2 MΩ
R2 = 2.2 MΩ
R3 = 56 KΩ
R4, R5, R6 = 1 KΩ
VR1 = 1 MΩ
VR2 = 1 KΩ
Kapasitor
C1 = 0.01 µF
C2 = 0.22 µF
C3 = 1 µF/25V
Semikonduktor
IC1 = CD4060 (oscillator CMOS)
IC2 = UM66 ( generator melodi)
T1, T2 = BC547
Lain-lain
SW1 = Saklar on/off
Baterai 9V
LS1 = Speaker 8Ω, 0.5W speaker

Rangkaian Waktu Tunda ini terhubung langsung ke jalur AC untuk mendapatkan listrik ke komponen. Resistor R1 menurunkan tegangan AC dan D1 meralat sama untuk memberikan volt DC rendah. Kapasitor C1 bernilai tinggi bertindak sebagai kapasitor pemulusan serta perangkat penundaan waktu. Itu adalah SCR hanya bekerja setelah C1 terisi penuh. Dibutuhkan sekitar 2 menit. Ketika C1 terisi sepenuhnya gerbang SCR akan menembakkan pulsa dan bekerja. Pengisian C2 memberikan lagi satu menit untuk menyulut R3 melalui Triac. Ketika triac bekerja, beban AC akan melanjutkan pasokan listrik dan menyala. Kapasitor C3 menjaga tingkat tegangan di gerbang triac dan menghilangkan efek cambukan kembali.

Rangkaian ini menggunakan waktu tunda tertentu. Waktu tunda ini bisa disetting sesuai keingin anda, contohnya adalah 1 menit, 5 menit sampai 1 jam. Rangkaian ini juga bisa di bilang serba guna dalam penggunaanya, misalkan untuk memadamkan lampu, dan penerapan lainnya sesuai dengan kemampuan imajinasi kita. Tapi yang perlu kita perhatikan adalah kemampuan pembebanan realy, karena relay ini punya type berbeda dan kemampuan pembebanan maksimum yang juga beda. Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian waktu tunda, semoga rangkaian ini berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel elektronika lainnya, seperti Rangkaian Listrik, Rangkaian Pemancar FM Stereo dan Rangkaian Pendeteksi Ponsel.

Leave a Reply