Rangkaian Walkie Talkie

Rangkaian Walkie Talkie tentu sudah pernah anda dengar. Arti dari Walkie talkie sendiri adalah sebuah alat untuk melakukan komunikasi yang termasuk ke dalam komunikasi genggam seperti celluler yang bisa menghubungkan 2 orang atau juga lebih yang memanfaatkan dan juga menggunakan gelombang radio. Fungsi dari walkie talkie sendiri memang digunakan untuk menghubungkan ke 2 orang untuk berbicara dan juga mendengar. Rangkaian Walkie Talkie sendiri biasa disebut sebagai Two Way Radio atau radio dua arah yang bisa melakukan perbincangan secara dua arah. Rangkaian Walkie Talkie bisa berbicara dan juga mendengar lawan bicara. Rangkaian ini bisa digunakan dengan jarak radius sekitar 0,5 Km hingga 2,5 Km tanpa membutuhkan pulsa seperti halnya menggunakan telepon genggam atau juga handphone. Walkie talkie memang merupakan sebuah alat komunikasi transceiver yang mempunyai two way radio tersebut. Sehingga rangkaian ini mempunyai transmitter dan juga penerima sinyal komunikasi radio.

Rangkaian Walkie Talkie bisa anda buat dengan cara sederhana. Untuk membuat rangkaian walkie talkie ini, memang harus dibuat dua buah untuk memudahkan komunikasi. Jarak yang bisa ditempuh oleh rangkaian ini sendiri sekitar 500 meter. Sementara jika di daerah yang lowong atau di tanah lapang, dijamin rangkaian ini memiliki jangkauan yang cukup jauh.

Gambar Skema Rangkaian Walkie Talkie

Rangkaian Walkie Talkie

Berikut beberapa komponen yang bisa anda gunakan untuk membuat rangkaian Walkie Talkie :

– Komponen resistor R1 – R4 – R5 – R6 : 5 K Ohm
– Resistor R2 – R8 – R9 : 100 Ohm
– Resistor R6 : 270 K Ohm
– Komponen C1 – C2 : 20 pF
– C3 – C6 : 0,04 uF
– C4 : 0,002 MF
– C5 : 0,02 uF
– C8 : 0,005uF
– C9 : 25 uF/10V
– Tr : Trafo OT 240
– LS : loudspeaker 8 Ohm
– L1 : bekas radio SW dengan panjang sekitar 50 cm dan diameter 0,5 mm
– RFC : dengan panjang 2 cm dan diameter 0,2 mm serta jumlah lilitan 18 lilitan
– B : baterai 9 Volt DC.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian walkie talkie, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian LM35, Rangkaian Listrik Dinamis, Rangkaian Penguat Transistor dan Rangkaian CCTV.

No Responses

  1. Pingback: Rangkaian Analog | Rangkaian Elektronika January 7, 2014

Leave a Reply