Salah Kaprah Materi Belajar Elektronika Dasar Sebagai Hobi

dasar-dasar elektronika

Mempelajari Elektronika

Materi pembelajaran elektronika dasar sebagai hobi sekarang mulai banyak dicari oleh banyak orang karena ternyata kemampuan di bidang elektronik banyak dibutuhkan di mana – mana. Pembelajaran untuk hobi tentunya tidak akan sama dengan pembelajaran yang ada di sekolah.

Di sekolah elektronik, misalnya di universitas atau Fakultas Teknik Elektronika, pembelajaran yang diberikan adalah pembelajaran sistematis yang melibatkan hal – hal yang paling mendasar sampai hal – hal yang paling rumit secara urut dan runtut. Sedangkan untuk sekedar hobi, pembelajaran yang diperoleh biasanya bersifat otodidak dan tidak terlalu mendasar juga tidak terlalu detail. Pembelajaran untuk hobi bisa dikatakan pembelajaran praktis yang hanya mengetahui sisi praktisnya saja tanpa mengetahui detail teori yang lengkap.

Perbedaan Materi Belajar Elektronika Dasar Sebagai Hobi dengan Pendidikan Elektronik Formal

Perbedaan materi belajar elektronika dasar sebagai hobi dengan pendidikan formal bisa dibilang sangat signifikan. Pembelajaran formal elektronik selalu memiliki runtutan materi yang tetap yaitu mulai dari hal – hal yang paling basic hingga hal – hal rumit. Sedangkan materi pembelajaran elektronik untuk hobi bersifat otodidak. Biasanya para penggiat elektronika secara otodidak mencari materi – materi pembelajaran mereka berupa tutorial – tutorial yang sekarang sudah banyak beredar di internet dan mereka mendapatkan materi – materi itu tidak berurutan seperti yang didapatkan di pendidikan formal. Karena itu, banyak sekali anggapan bahwa untuk bisa mengutak – atik benda elektronik tidak butuh sekolah, hanya butuh praktek yang banyak. Anggapan salah kaprah semacam ini yang membuat semakin banyaknya orang yang mencari jalan pintas dengan mempelajari teknik elektronika dari banyak sumber yang kurang terpercaya dan akhirnya bisa merugikan banyak orang.

Belajar elektronika dasar

Seseorang sedang mempelajari elektronika

Pembelajaran elektronik untuk hobi seharusnya tidak dianggap enteng karena bisa jadi kita memperoleh ilmu yang tidak benar. Memang segala hal yang berhubungan dengan elektronik membutuhkan praktek, tetapi tanpa teori yang benar maka prakteknya pun bisa jadi tidak akan benar. Banyak contoh kasus dimana si penggiat elektronik otodidak ini mengacuhkan dasar – dasar ilmu elektronik yang basic seperti arti warna resistor dan fungsi – fungsinya karena dinilai tidak praktis dan hanya buang – buang waktu. Mereka lebih memilih untuk langsung mempelajari hal – hal praktisnya yang berhubungan dengan praktek dari tutorial – tutorial.

Target dari penghobby elektronika seperti ini pada awalnya memang untuk digunakan untuk keperluan pribadi, tetapi banyak yang kemudian memutuskan untuk membuka jasa seperti jasa sevice karena sudah merasa paham betul dengan elektronik yang kemudian hasil kerjanya merugikan orang banyak. Itulah mengapa materi belajar elektronika dasar untuk hobi lebih baik mengambil dari kursus dan lembaga – lembaga pelatihan lain agar hasilnya lebaih bagus lagi.