Skema Rangkaian Elektronika Sederhana pada Alarm

Selama ini kita mungkin tidak pernah terfikirkan bahwa suatu sistem alarm tenyata bisa dibuat dengan skema rangkaian elektronika sederhana. Alarm adalah salah satu alat elektronik yang mampu menghasilkan bunyi – bunyian tertentu apabila terpicu oleh suatu stimulus.

Contoh Alarm

Alarm

Alarm yang rumit mampu mendeteksi stimulus yang halus berupa gerakan atau getaran tertentu sedangkan yang sederhana mungkin hanya dapat mendeteksi stimulus langsung seperti semacam saklar yang perlu dipicu secara langsung. Alarm pada jam beker juga merupakan suatu rangkaian alarm sederhana karena picuannya menggunakan timer. Jam beker analog menggunakan stimulus langsung sedangkan jam beker digital menggunakan IC counter dengan daya tertantu untuk memicu bunyi alarm.

Cara Membuat Skema Rangkaian Elektronika Sederhana pada Alarm

Untuk membuat skema rangkaian elektronika sederhana pada alarm, kita membutuhkan beberapa komponen elektronika seperti dua resistor 10 Kohm, 1 resistor 68 Kohm, beberapa kapasitor 0.01 uF, IC NE555, dan satu buah speaker 8 ohm dengan daya 0.5 watt. IC NE555 adalah suatu IC yang didesain khusus untuk keperluan pembangkit gelombang, timer, dan multivibrator. Skema rangkaian alarm dengan IC 555 diatas pada dasarnya adalah rangkaian multivibrator astabil dengan frekuensi kerja pada range frekuensi audio, dimana output multivibrator astabil 555 tersebut dihubungkan ke loud speaker untuk menghasilkan bunyi. Rangkaian alarm diatas dilengkapi dengan jalur kontrol yang dapat digunakan untuk mengontrol waktu aktif alarm IC 555 tersebut.

rangkaian alarm

Rangkaian Alarm sederhana

Pada dasarnya jalur kontrol alarm tersebut adalah pin RESET dari IC NE555, alarm akan aktif bila jalur kontrol tersebut diberikan logika HIGH dan akan OFF bila jalur kontrol ini diberikan logika LOW. Jalur kontrol alarm dengan IC NE555 diatas dipasang sebuah resistor Pull Down yang berfungsi untuk menjaga status pin reset IC NE555 selalu dalam logika LOW pada saat jalur kontrol tidak terhubung atau mengambang. Pada prakteknya, rangkaian sederhana ini sangat aplikatif. Kita tinggal mengatur limit switch dari jalur kontrol alarm tersebut akan dipasang dimana. Kita bisa memasang limit switch alarm ini di pintu dan pintu yang terbuka akan membuka jalur limit switch ini sehingga jalur kontrol mendapat logika HIGH dan speaker akan berbunyi. Skema rangkaian elektronika sederhana ini juga bisa digunakanpada aplikasi yang lain.