Teori Rangkaian Listrik

Teori rangkaian listrik mempunyai pemahaman bahwa komponen atau elemen listrik akan saling memberikan fungsi dan juga peran jika saling berhubungan dengan beberapa cara serta memiliki 1 lintasan yang tertutup. Elemen atau komponen listrik ini memiliki batasan masing-masing yang diwujudkan dalam 2 bentuk. Yang pertama adalah komponen aktif. Komponen atau elemen aktif adalah sebuah komponen atau elemen yang menghasilkan sumber tegangan atau daya arus pada komponen tersebut.

Teori Rangkaian Listrik

Sementara untuk komponen atau elemen pasif adalah sebuah komponen yang tidak bisa menghasilkan energi pada komponen tersebut. Komponen pasif ini dibagi menjadi 2 jenis :

  • Komponen yang menyerap energi
  • Komponen yang menyimpan energi

Untuk elemen pasif yang menyerap energi, biasanya terdapat pada komponen resistor yang biasa disebut hambatan tegangan yang disimbolkan dengan huruf R. Sementara untuk elemen yang menyimpan energi, biasanya ada yang menyerap dengan bentuk medan magnet dan juga menyerap energi biasa. Untuk yang menyimpan dan menyerap energi dengan bentuk medan magnet adalah induktor yang biasa disimbolkan dengan huruf L. Sementara untuk komponen satu lagi disebut Kapasitor atau kondensator yang disimbolkan dengan huruf C. Dan elemen listrik di sini dibagi menjadi 2 yaitu :

Elemen 2 terminal :

  • Sumber tegangan
  • Sumber arus
  • Resistor ( R )
  • Induktor ( L )
  • Kapasitor ( C )

Elemen lebih dari 2 terminal :

Transistor
Op Amp

Sementara yang dimaksud dengan rangkaian adalah pengabungan dari beberapa elemen dan juga komponen serta dirangkai dengan cara tertentu. Dan biasanya rangkaian akan disusun secara seri dan paralel atau menggabungkan keduanya. Dan rangkaian seri memiliki perhitungan :

R = R1 + R2 +R3 + ….

Sedangkan untuk rangkaian paralel, memiliki perhitungan :

R = R1 = R2 = R3 = ….

Tentu saja rangkaian listrik ini memiliki peran penting di dalam dunia elektronika. Dan beberapa rangkaian yang digunakan tentu saja harus disesuaikan dengan perangkat elektronik tersebut. Demikian sedikit info mengenai teori rangkaian listrik.

Leave a Reply