Transformator Step Up

Transformator Step Up merupakan salah satu jenis transformator yang memiliki peranan penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Sebelum lebih lanjut membahas mengenai transformator step up, maka ada baiknya kalau kita lebih dahulu mengetahui apa itu transformator. Transformator atau trafo merupakan sebuah komponen dalam rangkaian elektronika yang memiliki fungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolalk-balik. Transformator sendiri memiliki tiga komponen pokok. Yang pertama adalah kumparan pertama alias primer. Kumparan primer berfungsi sebagai input. Kedua, ada kumparan kedua alias sekunder. Kumparan sekunder bertindak sebagai output. Lalu yang terakhir ada inti besi. Inti besi ini memiliki fungsi untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan.

Selanjutnya, mari kita bahas lebih lanjut mengenai transformator step up. Transformator step up merupakan salah satu jenis transformator kalau didasarkan pada jumlah lilitannya. Transformator step up sendiri memiliki fungsi untuk menaikkan arus tegangan. Dalam sebuah transformator step up, lilitan sekundernya lebih banyak kalau dibandingkan dengan lilitan primer. Dari sini kemudian sudah dapat terlihat dengan jelas bahwa fungsi dari transformator step up adalah sebagai pihak yang menaikkan tegangan. Peran dari transformator step up ini dapat anda lihat ketika sedang menggunakan barang-barang elektronik. Ketika menyalakan peralatan elektronik, maka biasanya akan terasa seperti mengalami yang namanya black out selama sepersekian detik. Hal tersebut sebenarnya merupakan pengaruh dari transformator step up yang tengah bekerja.

Transformator Step Up

Gambar Skema Transformator Step Up

Selain transformator step up, ada juga transformator step down. Transformator step down ini bisa dikatakan merupakan kebalikan dari transformator step up. Kalau transformator step up memiliki fungsi untuk menaikkan arus tegangan listrik, maka transformator step down memiliki fungsi untuk menurunkan arus tegangan listrik. Sesuai dengan namanya, yaitu ‘down’. Kemudian, kalau pada sebuah transformator step up jumlah lilitan sekunder lebih banyak, maka pada transformator step down, jumlah lilitan primer lebih banyak dari pada jumlah lilitan sekunder. Fungsi dari transformator step down ini dapat anda lihat secara langsung pada penggunaan adaptor. Meskipun berbeda, transformator step up maupun step down sama-sama memiliki peranan yang sangat penting.

Demikian penjelasan singkat tentang transformator step up, semoga artikel pembahan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Prinsip Kerja Transformator, Fungsi Transformator dan Pengertian Transformator.

 

Leave a Reply